7 Khasiat Air Nabeez, Air Rendaman Kurma untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

0
84
Ilustrasi khasiat air nabeez, air rendaman kurma untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

TNews, KESEHATAN – Air Nabeez atau air rendaman kurma adalah minuman tradisional yang terbuat dari kurma dan air, yang telah digunakan dalam pengobatan alternatif selama berabad-abad, dan dipercaya dapat membuat tubuh menjadi segar dan bugar.

Tidak hanya itu, air rendaman kurma ternyata juga mengandung berbagai nutrisi yang menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat air nabeez untuk kesehatan

Tanpa direndam saja, buah kurma memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat buah kurma tak lantas berkurang setelah disajikan dalam bentuk air rendaman, atau air nabeez.

Beberapa manfaat air rendaman kurma untuk kesehatan, antara lain:

  1. Sebagai sumber minuman beralkali

Air nabeez adalah minuman yang bersifat alkali. Keberadaan alkali dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Pasalnya, pH asam yang berlebihan pada tubuh dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan pengeroposan tulang. Terlebih lagi, selama berpuasa lambung kosong dalam keadaan cukup lama sehingga bersifat asam.

Minum air rendaman kurma dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh berkat kandungan kandungan alkali di dalamnya.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Buah kurma adalah salah satu buah yang paling baik untuk sistem pencernaan. Begitu juga dengan air rendaman kurma yang dapat menjaga kesehatan pencernaan saat menjalani puasa.

Secara khusus, rendaman air kurma punya manfaat yang baik untuk lambung. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air nabeez bersifat alkali.

Asam lambung yang naik saat puasa merupakan salah satu masalah kesehatan umum yang terjadi selama puasa. Sifat alkali pada air rendaman kurma bisa memberi manfaat menetralkan asam lambung. Air nabeez juga diketahui dapat membantu proses pembuangan sisa metabolisme dari tubuh yang tentunya bisa melancarkan sistem pencernaan.

  1. Sumber energi

Air nabeez juga terbukti punya manfaat untuk menambah tenaga saat menjalani aktivitas sehari-hari. Kurma sendiri diketahui mengandung kadar gula yang memadai untuk diolah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Itu sebabnya, minum air rendaman kurma pada saat sahur bisa membantu memberikan energi tambahan.

  1. Mengatasi konstipasi

Kandungan serat yang tinggi dalam kurma dapat berguna untuk untuk  mengatasi konstipasi alias susah BAB.

Nah, minum air nabeez juga diketahui bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Susah BAB atau sembelit saat puasa adalah hal yang umum terjadi. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh perubahan pola makan dan kurangnya cairan tubuh.

  1. Mencegah kanker

Suatu penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Physics menyatakan bahwa air rendaman kurma mengandung antioksidan yang tinggi.

Antioksidan sendiri diketahui sebagai salah satu zat yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa antioksidan berguna untuk menjaga kesehatan.

Selain untuk kanker, kandungan antioksidan seperti yang ada dalam air nabeez dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer serta membantu menjaga daya tahan tubuh.

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Meskipun manis, kurma termasuk buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Nah, ini membuat air rendaman kurma juga bisa dikonsumsi oleh orang diabetes karena tidak membuat gula darah melonjak drastis.

  1. Membantu proses detoks tubuh

Detoksifikasi adalah salah satu metode diet untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan. Nah, air nabeez ini juga masuk dalam kategori air detoks.

Sebab, manfaat kurma yang direndam air mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, sama seperti fungsi infused water lain yang terbuat dari buah seperti lemon, stroberi, atau timun.

Dengan membuat air rendaman kurma, maka nutrisi dari buah tersebut akan keluar dan bercampur dengan air matang selama didiamkan semalaman.

Proses ini disebut dengan proses difusi osmosis. Proses inilah yang membantu memunculkan manfaat air nabeez.Terlebih, kandungan kurma sarat akan nutrisi lain, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dan tak ketinggalan protein.

Cara membuat air nabeez

Di Indonesia sendiri, air nabeez paling sering dibuat dari kurma Ajwa yang banyak dijual. Cara membuat air nabeez juga sangat mudah.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat air nabeez:

  • Siapkan kurma
  • Siapkan air matang dalam wadah tertutup
  • Kupas kurma dan iris menjadi lebih kecil, buang bijinya
  • Masukkan irisan kurma ke dalam wadah air
  • Diamkan selama 8-12 jam di kulkas.

Berapa lama merendam air nabeez yang benar? Sebaiknya, Kamu tidak merendam air nabeez lebih dari sehari. Jangan meminum air rendaman kurma yang sudah direndam selama dua atau tiga hari.*

Sumber: sehatq.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.