7 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh

0
41
Ilustrasi Ikan Cakalang ( foto: bobo id )

TNews, KESEHATAN – Konsumsi makanan laut, utamanya berbagai jenis ikan laut, dapat membawa manfaat untuk tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi yang dimiliki berbagai jenis ikan laut ini sangat kaya. Kali ini, mari bahas manfaat ikan cakalang untuk kesehatan tubuh.

Tanpa berpanjang lebar, berikut sederet manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi ikan cakalang secara rutin.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Mengandung omega 3 yang kaya, konsumsi ikan cakalang dapat membantu meningkatkan kinerja otak manusia. Mulai dari meningkatkan kekuatan mengingat hingga kecerdasan, nyatanya ikan ini sangat bermanfaat untuk organ penting tubuh tersebut.

2. Sumber Protein Hewani

Seperti kebanyakan jenis ikan laut lain, ikan cakalang juga menjadi salah satu sumber protein hewani yang benar-benar sehat. Dengan asupan protein yang cukup setiap hari, tubuh manusia akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah sakit.

3. Pencegahan Penuaan Dini

Untuk penampilan, ikan cakalang juga dapat membantu menjaga agar kulit tetap awet muda. Gejala penuaan dini bisa disebabkan oleh banyak hal, dan konsumsi ikan cakalang dapat membantu menghambatnya. Kandungan vitamin A, vitamin C, hingga vitamin D yang tinggi akan berperan besar dalam urusan tersebut.

4. Baik untuk Tulang dan Gigi

Karena juga mengandung vitamin D yang kadarnya tinggi, maka konsumsi ikan cakalang juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ikan cakalang baik dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa, dalam rangka memperkuat gigi dan tulang untuk jangka panjang.

5. Membantu Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat ikan cakalang yang cukup penting adalah dapat membantu pencegahan diabetes. Kandungan di dalam ikan cakalang bisa membantu mengikat dan menurunkan kadar trigliserida yang ada di dalam tubuh, sehingga akan lebih terkontrol dan tidak mudah terserang diabetes.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Dalam proses pemulihan setelah kondisi sakit, konsumsi ikan cakalang juga sangat direkomendasikan. Hal ini karena ikan cakalang dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga asupan nutrisi yang diterima tubuh juga dapat ditambahkan untuk membantu proses pemulihan.

7. Cocok untuk Diet

Rendah kalori dan lemak, ikan cakalang dapat membantu proses diet yang dilakukan seseorang. Ikan ini juga cocok untuk diet karena kandungan nutrisinya kaya, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tanpa harus mengkonsumsi kalori dan lemak terlalu banyak.

Sumber: suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.