7 Manfaat Ikan Laut untuk Kesehatan, Bukan Cuma Buat Otak

0
18
Ilustrasi Ikan Laut (Foto: Lautikannet)

TNews, KESEHATAN – Ada banyak manfaat ikan laut untuk kesehatan, termasuk untuk kecerdasan otak. Tak dimungkiri, ikan menjadi salah satu makanan tersehat di bumi lantaran penuh dengan nutrisi penting seperti protein dan vitamin D.

Ikan juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang penting bagi tubuh dan otak Anda. Tapi apa saja manfaat ikan laut untuk kesehatan?

1. Kaya nutrisi penting

Ikan mengandung nutrisi yang tak bisa diproduksi tubuh manusia, misalnya protein berkualitas tinggi, yodium, dan berbagai vitamin dan mineral.

Terkait hal itu, spesies ikan yang punya lemak tinggi seperti salmon, trout, sarden, tuna, dan makarel dianggap paling sehat.

Ikan berlemak juga mengandung asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk fungsi tubuh dan otak yang optimal dan sangat terkait dengan penurunan risiko banyak penyakit.

2. Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Serangan jantung dan stroke adalah dua penyebab paling umum kematian dini di dunia. Banyak studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko serangan jantung, stroke, dan kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah dibanding yang tak suka makan ikan.

Para peneliti percaya bahwa jenis ikan berlemak bahkan lebih bermanfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Sudah bukan rahasia kalau ikan dianggap sebagai salah satu makanan yang bermanfaat untuk kesehatan otak.

Studi juga mengungkapkan bahwa orang yang makan ikan setiap minggu memiliki lebih banyak materi abu-abu – jaringan fungsional utama otak Anda – di bagian otak yang mengatur emosi dan ingatan untuk meningkatkan kesehatan otak.

4. Mencegah dan mengobati depresi

Depresi adalah kondisi mental yang umum. Ini ditandai dengan suasana hati yang rendah, kesedihan, penurunan energi, dan kehilangan minat dalam hidup dan aktivitas.

Sejumlah uji coba terkontrol juga mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 dapat melawan depresi dan secara signifikan meningkatkan keefektifan obat antidepresan. Ikan dan asam lemak omega-3 juga dapat membantu kondisi mental lainnya, seperti gangguan bipolar.

5. Mengurangi risiko autoimun

Manfaat ikan laut untuk kesehatan juga berguna untuk mengurangi risiko autoimun. Beberapa penelitian mengaitkan asupan omega-3 atau minyak ikan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak, serta bentuk diabetes autoimun pada orang dewasa.

Beberapa ahli percaya bahwa asupan ikan juga dapat menurunkan risiko rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis. Namun hal ini masih butuh studi lebih lanjut.

6. Mencegah asma anak

Asma adalah penyakit umum yang ditandai dengan peradangan kronis pada saluran udara. Studi menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara teratur dikaitkan dengan risiko asma 24 persen lebih rendah pada anak-anak.

7. Melindungi mata

Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan yang kebanyakan menyerang orang dewasa yang lebih tua. Dalam sebuah penelitian, asupan ikan secara teratur dikaitkan dengan risiko AMD 42 persen lebih rendah pada wanita.

Selain itu manfaat makan ikan laut untuk kesehatan juga menunjukkan penurunan risiko AMD neovaskular.

Sumber: sehatqu.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.