7 Obat Kolestrol Paling Ampuh dari Simvastatin hingga Jahe

0
10
ilustrasi

TNews, SEHAT – Obat kolesterol sangat dibutuhkan bagi mereka yang asam lambungnya kambuh. Obat kolesterol diperlukan untuk mengendalikan jumlah zat di dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa berakibat buruk bagi yang mengalaminya. Selain itu, kolesterol yang tinggi bisa menjadi pemicu komplikasi penyakit dalam tubuh.

Bagi kamu yang tengah mengalami gangguan kadar kolesterol, berikut beberapa daftar obat yang dapat membantu kamu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

7 obat kolesterol paling ampuh, termasuk simvastatin

  1. Biji ketumbar

Obat kolesterol yang pertama adalah dengan biji ketumbar. Kandungan asam oleat, asam linoleat, asam askorbat, asam palmitat, dan asam stearat yang ada di dalam biji ketumbar ini dapat mengendalikan kadar kolestrol dalam darah.

Biji ketumbar dipercaya dapat membantu menurunkan kolestrol jahat tanpa memengaruhi kolestrol baik.

Caranya:

Siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar, kemudian campur dengan secangkir air dan direbus. Setelah biji ketumbar mendidih, lalu disaring dan siap untuk diminum. Air ketumbar bisa kamu konsumsi dua kali sehari sebagai obat kolestrol.

  1. Kunyit

Warna kuning yang terdapat pada kunyit mengandung kurkumin, sehingga berkhasiat menguras asam empedu.

Makanan yang mengandung bahan kunyit sangat bermanfaat untuk pengidap kolesterol berlebihan dalam darah. Sifat kunyit dapat berguna untuk menekan pengaruh buruk lemak jenuh.

Jika kamu ingin mengonsumsi yang bersantan, sebaiknya kamu campurkan bumbu kunyit ke dalamnya. Kunyit dalam hidangan bersantan dapat menetralkan pengaruh buruknya.

  1. Daun salam

Obat kolesterol yang ketiga adalah daun salam. Daun salam yang biasa digunakan untuk bumbu masakan dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Caranya:

Siapkan 10 hingga 15 lembar daun salam yang sudah bersih dan rebus dengan 3 gelas air. Jika tinggal tersisa satu gelas, kamu bisa saring air rebusan daun salam. Lebih baik mengkonsumsi di saat malam hari.

  1. Teh hijau

Selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau kaya akan senyawa penting yang mampu mengatasi masalah kesehatan.

Menurut studi, secangkir teh hijau cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan obat kolestrol alami yang sangat mudah dicari di dapur. Dengan mengonsumsi cuka sari apel, kamu dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).

Kandungan serat larut yang terdapat di sari cuka apel ini dapat menyerap kolesterol jahat dan lemak dalam tubuh. Serat ini juga mampu menambah massa yang akan membuat rasa kenyang lebih lama dari biasanya.

  1. Seledri

Obat kolesterol selanjutnya adalah seledri. Seledri sendiri mampu menurunkan hipertensi dan kolesterol pada tubuh secara efektif.

Di dalam seledri terdapat kandungan ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan metanol dan etanol yang ada di dalam seledri membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah.

  1. Simvastatin

Simvastatin merupakan obat penurunan kolestrol golongan statin. Obat ini dapat bekerja sebagai inhibitor kompetitif pada HMG-CoA reduktase (enzim yang dapat mempercepat proses sistesis kolesterol).

Perlu untuk diketahui, penggunaan obat harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Semoga 7 obat kolesterol di atas mampu membantu tubuh tetap sehat.

 

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.