70% Daya Tahan Tubuh Sumbernya dari Usus

0
546

TNews, SEHAT – Ada beberapa orang yang jarang terserang penyakit, ada pula orang-orang yang sangat mudah terserang penyakit karena terpapar kuman, virus, dan bakteri. Hal utama yang membedakan keduanya adalah kondisi daya tahan tubuh yang mereka miliki.

Orang dengan daya tahan tubuh yang baik cenderung lebih dapat menangkal penyakit. Begitu pula sebaliknya, orang dengan daya tahan tubuh yang lemah cenderung lebih rentan terserang kuman, virus, dan bakteri.

Agar bisa memiliki daya tahan tubuh yang baik tentu perlu perhatian lebih pada tubuhnya, termasuk soal kesehatan saluran cerna. Hal ini mungkin jarang diperhatikan, padahal sebagian besar faktor yang menentukan sistem kekebalan tubuh ditentukan oleh kesehatan saluran cerna.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, Saluran cerna berperan hingga 70% pada sistem kekebalan tubuh. Komponen penting dari sistem kekebalan tubuh yang disebut sel plasma, yang berperan membentuk antibodi berada pada Gut-associated Lymphoid Tissue (GALT) di saluran cerna.

Usus merupakan saluran utama antara lingkungan dari luar dan sistem dari tubuh. Bila ada kuman, bakteri, atau virus yang terdapat pada partikel makanan, bakteri baik yang terdapat pada usus akan mendeteksinya sebagai hal yang berbahaya lalu kemudian menangkalnya.

Oleh karena itu, bila saluran cerna tidak sehat maka kuman, bakteri, atau virus jahat yang masuk melalui saluran cerna tidak dapat disaring dengan baik dan bisa menyebar ke seluruh tubuh. Saluran cerna yang sehat juga akan membuat penyerapan nutrisi berjalan baik dan daya tahan tubuh pun menjadi lebih optimal.

Menurut sumber lainnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi saluran cerna tetap sehat, antara lain mengonsumsi makanan tinggi serat, batasi makanan tinggi lemak, jalani pola makan terjadwal, tetap terhidrasi, kelola stres, dan berolahraga secara teratur.

Selain itu untuk menjaga saluran cerna tetap sehat, Anda bisa mengonsumsi makanan/minuman yang membantu bakteri baik di usus berkembang maksimal seperti Scrubber. Scrubber merupakan es jeruk segar yang terbuat dari sari jeruk asli dengan kandungan bakteri baik Bacillus coagulans yang berperan membantu melawan bakteri jahat di dalam usus.

Scrubber juga mengandung makanan untuk bakteri baik di usus, yakni Oligosakarida. Bakteri baik yang mendapat asupan oligosakarida akan dapat berperan secara maksimal dalam upaya melindungi kesehatan saluran cerna.

Selain itu, Scrubber juga mengandung bermacam serat, Polidekstrosa dan Psyllium yang bantu bersihkan sisa makanan di usus. Temukan Vegeta Scrubber Jeruk Dus 6 Sachet 7,1 gram dengan potongan harga 34%! Hanya Rp 8.300, dapatkan sekarang juga di Shopee!

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.