9 Langkah Efektif Mencegah Penyakit Jantung

0
27
Ilutrasi 9 Langkah Efektif Mencegah Penyakit Jantung

TNews, KESEHATAN – Mengetahui cara pencegahan penyakit jantung sangatlah penting, terutama karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Penting untuk diingat bahwa siapa pun dan berapa pun usianya bisa terkena penyakit jantung. Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai cara-cara pencegahannya, jadi simaklah dengan seksama.

Walaupun bisa dicegah, mengutip Mayo Clinic, faktanya ada beberapa faktor risiko yang memang tidak bisa dihindari. Seperti penyakit jantung bawaan, faktor keturunan, atau usia.

Namun, penting untuk tetap melakukan pencegahannya sebagai cara menurunkan risiko penyakit jantung jenis lainnya, komplikasi serta tingkat keparahan gejala.

Kamu bisa mencegah penyakit jantung dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti:

  1. Berhenti merokok

Salah satu hal utama sebagai cara mencegah penyakit jantung, yaitu berhenti merokok.

Alasannya, karena bahan kimia dalam rokok bisa merusak jantung dan pembuluh darah.

Di samping itu, asap rokok juga mengurangi oksigen dalam darah. Ini bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga jantung bekerja lebih keras untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh.

Oleh sebab itu, berhentilah merokok karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jika kamu bukan perokok, hindari pula asap rokok karena bisa menjadi perokok pasif.

  1. Rutin berolahraga

Beraktivitas fisik dan rutin berolahraga adalah cara mencegah penyakit jantung yang efektif.

Tak hanya itu, berolahraga juga bisa sekaligus menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

Kalau belum terbiasa, lakukan secara perlahan setidaknya 15 hingga 30 menit sehari. Pilih olahraga yang baik untuk kesehatan jantung, seperti berjalan, jogging, bersepeda, dan lain-lainnya.

  1. Konsumsi makanan sehat

Asupan dan pola makan yang buruk bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Sebagai cara mencegah penyakit jantung, ubah pola makan menjadi lebih sehat.

Misalnya, dengan memilih makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, protein rendah lemak, susu rendah lemak, dan lain-lain.

Batasi asupan makanan yang mengandung tinggi garam, tinggi gula, lemak jenuh, dan lemak trans.

  1. Menjaga keseimbangan berat badan

Berat badan berlebih (obesitas) bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Alasannya, karena penumpukan lemak di arteri atau pembuluh darah bisa menyumbat jantung.

Maka dari itu, penting untuk menurunkan berat badan dan menjaga keseimbangannya sebagai cara mencegah penyakit jantung. Lakukan diet sehat dengan mengubah pola makan dan berolahraga.

Apabila diperlukan, konsultasikan pola makan dengan dokter atau ahli gizi.

  1. Tidur cukup

Siapa bilang tidur tidak penting untuk kesehatan jantung? Perlu Kamu ketahui, kalau kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi mengalami obesitas, serangan jantung, diabetes, dan hipertensi.

Jadi, lakukan tidur yang cukup dan berkualitas sebagai cara mencegah penyakit jantung.

Sebagian besar orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 hingga 8 jam waktu tidur setiap malam.

Aturlah jadwal tidur. Caranya, tentukan kapan waktu bangun dan pergi tidur di waktu yang sama setiap harinya. Buatlah suasana kamar nyaman sehingga Kamu lebih mudah untuk tidur.

6. Mengelola stres

Stres seringkali juga berkaitan dengan penyakit jantung, karena dapat meningkatkan tekanan darah.

Pada kondisi lainnya, stres yang ekstrem juga bisa memicu terjadinya serangan jantung.

Oleh sebab itu, sebagai cara mencegah penyakit jantung coba kelola stres yang sedang alami.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Seperti meditasi, berolahraga, mendengarkan musik, menonton film, berkumpul dengan teman, dan melakukan hal yang disukai.

7. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi menjadi faktor risiko utama penyakit jantung. Periksalah tekanan darah secara berkala agar bisa terus terkontrol. Sebagai cara mencegah penyakit jantung, lakukan pemeriksaan ini setidaknya setahun sekali.

Namun, jika memiliki riwayat darah tinggi Kamu harus memeriksanya lebih berkala.

8. Menjaga kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyumbat arteri. Ini bisa mejadi faktor yang meningkatkan risiko terkena penyakit arteri koroner dan serangan jantung.

Sebagai cara mencegah penyakit jantung, sebaiknya jaga kadar kolesterol dan trigliserida tetap terkendali. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin.

Tak hanya itu, mengubah gaya hidup dan mengonsumsi obat penurun kolesterol juga mungkin akan direkomendasikan dokter untuk membantu menurunkan kolesterol.

9. Mengontrol kadar gula darah

Penyakit diabetes juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Seiring berjalannya waktu, gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah.

Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pemeriksaan diabetes secara rutin dan mengubah pola makan sebagai cara mengendalikannya serta mencegah penyakit jantung.

Tanda-tanda penyakit jantung

Selain melakukan cara mencegah penyakit janutng, kenali pula gejala jantung bermasalah.

Berikut adalah beberapa gejala atau tanda awal penyakit jantung:

  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Pembengkakan di kaki
  • Kelelahan ekstrem
  • Pusing dan tiba-tiba pingsan

Lalu, ada pula gejala lainnya yang mungkin muncul tergantung dari jenis penyakit jantung.

Contohnya seperti jantung berdebar (palpitasi), keringat dingin, sulit tidur, dan lain-lainnya.

Dengan melakukan berbagai upaya pencegahan penyakit jantung tersebut, kemungkinan terkena penyakit jantung bisa menurun. Penting untuk melakukan langkah-langkah di atas dengan konsisten.*

Sumber: sehatq.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.