Aktris Film Parasite Park So Dam Idap Kanker Tiroid Papiler, Ini Gejalanya

0
108
Park So Dam (foto google)

TNews, SEHAT – Aktris asal Korea Selatan, Park So Dam, didiagnosis mengidap kanker tiroid papiler. Pihak agensinya merilis pernyataan resmi bahwa bintang film Parasite ini sedang menjalani operasi.

“Aktris Park So Dam didiagnosis menderita kanker tiroid papiler dari pemeriksaan kesehatan rutinnya, dan dia menyelesaikan operasi mengikuti rekomendasi dokter,” katanya dilansir Soompi Senin (13/12/2021).

Pihak agensi mengatakan Park So Dam akan fokus terhadap pemulihannya pasca operasi dan tidak bisa mengikuti promosi film terbarunya.

kanker tiroid papiler yang diidap Park So Dam adalah jenis kanker yang biasanya hanya menyerang satu lobus kelenjar tiroid dengan pertumbuhan yang sangat lambat. Meskipun begitu, kanker ini tetap bisa menyerang kelenjar getah bening.

Kanker tiroid papiler adalah jenis kanker umum yang paling dialami. Disebutkan, kanker ini salah satu yang sangat sulit dideteksi, karena sangat mirip dengan sel tiroid normal.

Gejala kanker tiroid papiler

Seringkali, pengidap kanker tiroid papiler tidak akan mengalami gejala yang spesifik. Beberapa pasien mengetahui mengidap kanker ini setelah melakukan pemeriksaan fisik rutin.

Gejala awal kanker biasanya adalah nodul. Nodul adalah pertumbuhan yang mungkin padat atau berisi cairan. Saat nodul membesar, pasien mungkin mulai mengalami gejala seperti:

  • Benjolan pada leher
  • Sulit menelan dan merasa sakit di tenggorokan
  • Sakit tenggorokan atau suara serak tak kunjung hilang
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Kesulitan bernapas terutama saat berbaring.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.