Anda Menderita Radang Lambung? Ini 5 Menu Yang Cocok Untuk Sarapan

0
3533

TNews, KESEHATAN – Gastritis ditandai dengan hilangnya nafsu makan, perut kembung, mulas, mual, hingga muntah-muntah. Tentu keadaan tersebut tak ingin kita rasakan, bukan? Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan radang lambung ini umum terjadi. Namun gastritis berbeda dengan maag, lho.

Maag merupakan kumpulan penyakit akibat gangguan pencernaan, sementara gastritis merupakan meradang atau membengkaknya dinding mukosa pada lambung. Meski gejalanya maag dan gastritis mirip, namun maag biasanya juga ditandai dengan dada panas seperti terbakar. Sedangkan gastritis tidak.

Mengutip Healthline, gastritis inilah yang nantinya dapat menyebabkan maag kalau tak ditangani dengan baik. Untuk itu, enggak ada salahnya menjaga kesehatan perutmu dari sekarang. Salah satu contohnya, dengan mengonsumsi makanan sehat mulai dari saat sarapan. Soalnya, menu sarapan yang salah justru bisa menimbulkan gastritis.

Apa saja menu sarapan yang baik untuk penderita gastritis? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Brokoli

Menurut jurnal Przeglad Gastroenterologiczny yang terbit tahun 2016 menemukan, penambahan makanan yang bersifat antibakteri mampu membantu meringankan gastritis atau H.pylori. Salah satunya adalah brokoli. Tak harus dimakan mentah, brokoli ini bisa kamu tumis atau dijadikan topping omelet agar lebih nikmat.

2. Bluberi

Sama halnya dengan brokoli, buah biru ini juga memiliki sifat antibakteri yang baik untuk kesehatan lambung. Makanya, kamu boleh mengonsumsi bluberi dengan cara dijadikan smoothies, campuran yoghurt, atau dimakan begitu saja. Nikmat, bukan?

3. Yoghurt

Meski rasanya asam, tapi minuman ini baik untuk kesehatan perutmu, lho. Baik bermanfaat untuk pencernaan hingga lambung. Hal ini, juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam The Canadian Journal of Infectious Diseases dan Medical Microbiology. Penelitian ini menyatakan bahwa, probiotik Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Saccharomyces bisa membantu menyembuhkan gastritis. Jadi, cobalah sekali-kali ambil segelas yoghurt kesukaanmu untuk sarapan. Karena pencernaan yang sehat dapat membuat tubuh lebih kuat.

4. Oatmeal

Makanan berbahan utama gandum ini juga kaya serat yang baik untuk pencernaan. Jika pencernaanmu lancar dan sehat, maka gastritis pun tak akan menyerang. Kamu bisa menikmati semangkuk oatmeal dengan campuran buah; seperti bluberi, atau potongan brokoli.

5. Dada ayam

Bagian ayam yang satu ini mengandung paling sedikit lemak jahat. Maka dari itu, dada ayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita gastritis. Agar sarapannya semakin nikmat dan bergizi, kamu bisa menambahkan daging dada ayam dalam campuran sayur sup nan hangat di rumah.

 

Sumber : Kumparan.com

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.