Apakah Penyakit Liver Menular?

0
151
ilustrasi

TNews, SEHAT – Liver atau hati merupakan organ dalam tubuh yang memiliki ukuran sebesar bola sepak. Hati terletak di bawah tulang rusuk, tepatnya di sisi kanan perut. Hati memiliki fungsi penting dalam tubuh sebagai pencerna makanan dan pembersih tubuh dari zat beracun.

layaknya organ tubuh lainnya, hati juga bisa mengalami gangguan atau yang disebut sebagai penyakit hati atau liver.

Singkatnya, penyakit liver merupakan kondisi yang bisa memengaruhi dan merusak fungsi hati. Penyakit liver yang dibiarkan dapat menyebabkan jaringat parut (sirosis) menumpuk pada tubuh. Apabila tidak segera ditangani, bisa menyebabkan gagal hati dan kanker hati.

terdapat banyak penyebab terjadinya penyakit hati, mulai dari infeksi, gangguan sistem imun, kanker dan tumor, dan penyakit turunan.

Tetapi, penyakit liver juga bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya. Kondisi-kondisi tersebut, antara lain penyalahgunaan alcohol, overdosis obat , dan lemak yang menumpuk di hati.

Sejatinya penyakit liver merupakan penyakit yang tidak menular apabila melalui interaksi biasa dengan orang mengidapnya.

interaksi-interaksi seperti darah, kontaminasi tinja, hingga kontak seksual bisa menularkan penyakit liver jika berkontak dengan pengidap hepatitis.

Penyakit liver juga bisa disebabkan oleh infeksi yang berhubungan dengan penyakit menular, seperti cacar air, meskipun hal ini jarang terjadi. Liver atau hati merupakan organ dalam tubuh yang memiliki ukuran sebesar bola sepak. Hati terletak di bawah tulang rusuk, tepatnya di sisi kanan perut. Hati memiliki fungsi penting dalam tubuh sebagai pencerna makanan dan pembersih tubuh dari zat beracun.

 

Sumber : tempo.co

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.