Astaga! Vaksin Corona Palsu Ini Isinya Air Garam

0
53

TNews, SEHAT – Otoritas China baru-baru ini menangkap komplotan sindikat pemalsu vaksin Corona beromzet miliaran rupiah. Sindikat ini bahkan menghasilkan US$ 3 juta atau sekitar Rp 42 miliar dari penjualan vaksin palsu mereka.

Pria yang diidentifikasi bernama Kong, yang berperan sebagai ketua sindikat tersebut, sebelumnya meneliti desain kemasan vaksin asli sebelum membuat sekitar 58 ribu duplikat di rumahnya sendiri.

Dikutip dari BBC, sejumlah vaksin palsu yang ia produksi diselundupkan ke luar negeri tapi belum diketahui negara penerimanya.

Kejaksaan Agung China mengatakan Kong dan rekannya mengisi 58 ribu jarum suntik berisi saline water atau larutan air garam dan menjualnya di seluruh China. Kong, yang telah ditangkap pada 25 Desember 2020, membual kepada pelanggan bahwa dia mendapatkan dosis vaksin dari produsen melalui ‘orang dalam’.

Media Global Times melaporkan dalam satu kasus di November lalu, Kong menjual sekitar 2.000 vaksin palsu kepada tersangka lain bernama Li seharga 1,04 juta yuan atau Rp 2 miliar.

Li kemudian mengirimkan 600 dari dosis tersebut secara internasional melalui Hong Kong pada 12 November dan menghasilkan keuntungan US$ 140 ribu.

BBC melaporkan bahwa beberapa vaksin palsu telah dijual ke rumah sakit di China dengan harga yang melambung tinggi. Beberapa penipu bahkan menyewa “dokter desa” untuk memberikan vaksin palsu kepada orang-orang di dalam mobil mereka.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.