Awas! 3 Jenis Sayuran Ini Bisa Berdampak Buruk buat Ginjal, Cegah Sebelum Terlambat

0
15
Ilustrasi Jenis Sayuran yang Bisa Berdampak Buruk buat Ginjal (Foto: Tempo)

TNews, KESEHATAN – Ginjal merupakan organ tubuh yang fungsinya cukup vital. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal dengan menjaga asupan makanan.

Salah satunya adalah sayuran. Ada beberapa sayuran yang bisa berdampak buruk bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal.

Pada dasarnya, sayur akan memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, kandungan tertentu pada sayur justru bisa memperburuk kondisi ginjal.

Beberapa kandungan itu misalnya natrium, kalium, dan fosfor. Kesemuanya dapat membuat ginjal stres dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada ginjal.

Berikut beberapa sayuran yang bisa berdampak buruk bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal.

1. Sayuran hijau

Sebagian besar sayuran hijau seperti bayam dan lobak nyatanya tak selalu bermanfaat untuk kesehatan, terlebih bagi para penderita penyakit ginjal. Gara-garanya, kadar potasium yang relatif tinggi meski sudah dimasak.

2. Kentang dan ubi

Jumlah potasium dan kalium yang tinggi pada kentang dan ubi membuat keduanya kurang baik untuk dikonsumsi orang-orang dengan riwayat penyakit ginjal.

Satu kentang berukuran sedang mengandung 610 miligram potasium, sedangkan satu ubi jalar panggang berukuran sekitar 114 gram mempunyai 541 miligram potasium.

3. Sayuran kacang-kacangan

Meski merupakan sumber protein dan serat nabati yang bagus, sayuran kacang-kacangan seperti buncis dapat meningkatkan jumlah kalium dan fosfor yang tinggi. Dua kandungan tersebut dapat bersirkulasi dalam darah jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak.

Sumber: CNNindoensia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.