Awas! 3 Kebiasaan Ngopi Ini Ternyata Bisa Memperpendek Umur

0
19
Ilustrasi Kebiasaan Ngopi Bisa Memperpendek Umur (Foto: Suara)

TNews, KESEHATAN – Minum kopi di pagi hari sudah jadi kebiasaan sebagian orang. Tapi Anda perlu hati-hati, sebab ada kebiasaan ngopi yang bisa memperpendek usia.

Secangkir kopi hangat di pagi hari mungkin bisa meningkatkan semangat bagi sebagian orang. Kopi juga bisa menghilangkan rasa kantuk karena kandungan kafein di dalamnya.

Hanya saja, Anda juga harus berhati-hati dengan kebiasaan minum kopi ini. Jika salah langkah, kopi yang diminum justru bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Kebiasaan minum kopi yang memperpendek usia

Bagi sebagian orang, kopi telah menjadi kebutuhan primer. Rasanya kurang afdol jika tidak ada kopi dalam sehari. Anda mungkin bisa merasa lemas, kurang bersemangat, bahkan tidak fokus bekerja jika tidak minum kopi.

Tapi, kopi tak selalu baik untuk tubuh. Sebab kebiasaan ngopi yang memperpendek usia benar-benar ada. Berikut ini beberapa kebiasaan ngopi yang salah.

1. Minum terlalu banyak kopi

Terlalu banyak minum kopi bisa berdampak pada beragam masalah kesehatan yang bisa memperpendek usia. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi.

Mengutip The Journal, studi ini melibatkan lebih dari 40 ribu orang dewasa. Hasilnya, orang dewasa muda di bawah usia 55 tahun yang minum lebih dari empat cangkir kopi dalam sehari, memiliki risiko meninggal dunia lebih awal.

Studi ini dilakukan oleh Carl Lavie, profesor kedokteran di John Ochsner Heart and Vascular Institute di New Orleans, Amerika Serikat.

Lebih detail, disebutkan bahwa orang yang minum 28 cangkir kopi dalam satu pekan memiliki 21 persen risiko meninggal dunia cepat. Risiko ini lebih besar dialami wanita, alih-alih pria yang berusia di bawah 55 tahun.

2. Terlalu banyak gula

Kopi memiliki rasa yang pahit. Tak sedikit orang yang menambahkan gula agar kopi terasa lebih enak. Tapi hati-hati, kopi yang terlalu banyak gula justru berbahaya.

Menukil laman Eat This Not That, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula terlalu banyak dapat menyebabkan kematian dini. Gula dapat menyebabkan dehidrasi, yang bisa menjadi gejala gula darah tinggi. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat meningkatkan risiko diabetes.

3. Pakai creamer terlalu banyak

Tidak jauh dengan gula, hati-hati saat menambahkan creamer ke kopi. Kopi yang ditambahkan dengan gula, creamer, bahkan susu bisa jadi mimpi buruk. Pasalnya, creamer juga mengandung gula.

Itulah beberapa kebiasaan ngopi yang memperpendek usia Anda. Hindari beberapa kebiasaan di atas dan terapkan pola hidup sehat.

Sumber: CNNindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.