Awas! Minuman Ini Jadi Penyebab Utama Kanker Mulut, Hindari Sebelum Terlambat

0
13
Ilustrasi Bir. Salah Satu Minuman Penyebab Kanker Mulut (Foto: Detik)

TNews, KESEHATAN – Kanker mulut jadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Anda perlu mewaspadai minuman penyebab kanker mulut di bawah ini.

Kanker mulut adalah kondisi saat sel kanker berkembang di salah satu bagian mulut. kanker ini bisa muncul pada bibir, gusi, lidah, lapisan dalam pipi, atap mulut, dan dasar mulut (bawah lidah).

Biasanya, kanker ini ditandai dengan beberapa gejala yang umum. Misalnya saja, sakit pada area mulut yang tak kunjung sembuh dan bercak putih atau kemerahan di dalamnya.

Selain itu, gigi yang lepas juga bisa jadi pertanda kanker mulut. Anda juga perlu memperhatikan jika ada benjolan di dalam mulut.

Merokok merupakan salah satu faktor risiko terbesar yang bisa memicu kanker mulut. Kondisi ini diperparah jika Anda juga gemar mengonsumsi minuman beralkohol.

Minuman beralkohol jadi salah satu penyebab utama kanker mulut. Menukil laman Oral Cancer Foundation, para ahli percaya bahwa zat-zat yang ada di dalam rokok bisa memicu pertumbuhan sel kanker jika bertemu dengan minuman beralkohol.

Dengan demikian, Anda perlu menghindari bir, wine, whiskey, dan masih banyak lagi jenis-jenis minuman beralkohol lainnya.

Terlalu banyak asupan alkohol sendiri didefinisikan dengan lebih dari 21 gelas dalam satu pekan.

Sementara itu, mengutip The Guardian, National Health Service (NHS) Inggris, dalam kampanyenya, pernah menyebutkan bahwa minum dua gelas wine atau dua liter bir per hari dapat meningkatkan risiko kanker mulut tiga kali lipat.

Minuman beralkohol memang jadi faktor risiko terbesar kedua dari kanker mulut. Sebuah penelitian yang fokus pada konsumsi minuman beralkohol pada orang Mormon menjadi salah satu buktinya.

Studi menemukan, sangat sedikit kasus kanker mulut yang ditemukan di sana. Pasalnya, orang Mormon diwajibkan untuk menjauhkan diri dari minuman beralkohol dan tembakau.

Efek dehidrasi alkohol pada dinding sel meningkatkan kemampuan karsinogen dari tembakau untuk menembus jaringan mulut.

Tak cuma itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa sirosis hari dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Sirosis hati sendiri umum terjadi akibat konsumsi minuman beralkohol yang berlebih.

Untuk itu, hindari minuman penyebab kanker mulut di atas. Kurangi asupan minuman beralkohol Anda.

Sumber: Okezone.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.