Begini Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

0
111
ilustrasi

TNews, SEHAT – Organ ginjal dalam tubuh memainkan peranan penting sebagai penyaring limbah metabolisme, mengontrol cairan, mengatur sel darah merah, serta mengendalikan tekanan darah.

Supaya fungsinya tetap berjalan maksimal, sudah seharusnya Anda selalu mengikuti cara menjaga kesehatan ginjal dengan menerapkan kebiasaan baik supaya terhindar dari risiko penyakit.

Kebiasaan baik untuk menjaga ginjal dapat dimulai dari hal-hal sederhana yang sering dilakukan. Berikut di antaranya.

  1. Penuhi asupan cairan

Ginjal merupakan sistem utama penyaring darah. Dengan begitu, pasokan cairan di dalam tubuh harus memadai untuk memudahkan kinerja ginjal saat mengeluarkan kotoran dari aliran darah.

Apabila asupan cairan dalam tubuh kurang, ginjal jadi bekerja lebih keras dan memicu cedera yang membuka peluang terhadap penyakit ginjal kronik.

  1. Batasi asupan garam

Dilansir WebMD, terlalu banyak mengonsumsi asupan tinggi garam dapat menurunkan fungsi ginjal dan meningkatkan jumlah protein dalam urine.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), batas konsumsi garam per orang per hari yang dianjurkan yaitu 2.400mg atau 1 sendok teh.

  1. Cek fungsi ginjal

Cara menjaga kesehatan ginjal selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan tes urine, ureum, kreatinin darah, serta glomerular filtration rate (GFR) untuk melihat kemampuan ginjal menyaring sisa metabolisme.

Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek kondisinya sekaligus mendapat perawatan khusus apabila dibutuhkan tindak lanjut.

  1. Olahraga

Rajin berolahraga atau selalu aktif bergerak sangat bermanfaat dalam membuat aliran darah semakin lancar.

Disamping itu, olahraga akan membantu membakar kalori sehingga menghindari kelebihan berat badan dan obesitas, sebagai salah satu faktor risiko penyakit ginjal.

  1. Hindari obat anti-nyeri

Cara menjaga ginjal tetap sehat selanjutnya yaitu dengan menghindari segala bentuk obat-obatan anti nyeri yang dikonsumsi secara berlebihan.

Obat pereda nyeri yang dikonsumsi berlebihan dan tanpa pengawasan dokter sangat berisiko terhadap kerusakan jaringan ginjal.

  1. Hindari merokok dan alkohol

Untuk menjaga fungsi ginjal tetap sehat, sebaiknya segera hindari kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Terlalu banyak minum beralkohol bisa mengganggu fungsi ginjal. Begitu juga rokok, kandungan kimianya akan diserap tubuh yang berisiko menyebabkan gagal ginjal kronik.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Selain memenuhi asupan cairan dalam tubuh, pastikan Anda imbangi dengan konsumsi makanan bergizi dan porsinya cukup.

Makanan terbaik bagi ginjal bisa diperoleh dari putih telur, kacang merah, bawang putih, minyak zaitun, atau buah cranberry.

  1. Kontrol gula darah

Gula darah harus selalu terkontrol supaya terhindar dari risiko diabetes atau penyakit kronis lainnya.

Gula darah dalam tubuh yang tidak terkendali rentan terhadap gangguan termasuk komplikasi ginjal.

  1. Kontrol tekanan darah

Sama halnya dengan gula darah, cara menjaga ginjal tetap sehat juga perlu mengontrol tekanan darah.

Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi penyebab utama gagal ginjal karena menyebabkan arteri sekitar ginjal jadi sempit, melemah, dan mengeras.

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.