Benarkah ASI Bisa Obati Mata Bayi Belekan? Ini Kata Pakar Laktasi

  • Whatsapp
ilustrasi

TNews,  SEHAT – Kondisi mata belekan pada bayi merupakan hal umum dialami bayi pada hari-hari pertama kelahirannya. Orang tua dulu meyakini bahwa Air Susu Ibu (ASI) bisa digunakan untuk mengatasi mata belekan pada bayi. Benarkah hal tersebut?

Secara umum ASI memang mengandung nutrisi yang optimal untuk bayi dan bisa memberi perlindungan kekebalan yang tidak didapatkan dari susu formula.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari laman Science of Mom, ada sejumlah penelitian yang memiliki relevansi dengan asumsi bahwa ASI bisa mengatasi mata bayi belekan. Kendati demikian, penelitian tersebut hanya berfokus pada infeksi mata atau saluran mata yang tersumbat pada bayi baru lahir.

Studi pertama yang dilakukan di India terhadap 51 bayi baru lahir diberikan tetes mata kolostrum selama 3 hari, sedangkan 72 bayi lainnya tidak menerima perawatan mata. Hasilnya, dari sekitar 35 persen bayi yang dikontrol sebanyak 6 persen bayi yang ditetesi kolostrum mengalami infeksi mata yang terlihat selama percobaan.

Dari hasil tersebut sekilas kolostrum terlihat seperti pencegah infeksi. Sayangnya, penelitian ini menemui banyak masalah sehingga datanya tidak bisa menjadi acuan. Selama 4 tahun penelitian, rumah sakit hanya memiliki tingkat konjungtivitis 5 persen terkait hal itu.

Sementara studi lainnya yang dilakukan di Spanyol, membandingkan tetes antibiotik dan ASI sebagai pengobatan untuk saluran air mata yang tersumbat pada bayi baru lahir. Hasilnya, saluran air mata yang tersumbat dibersihkan lebih cepat dengan ASI, daripada dengan antibiotik. Dari penelitian tersebut ASI tampaknya benar-benar aman.

Lantas, apakah ASI dapat menyembuhkan infeksi mata? Jawabannya tidak ada cukup penelitian tentang masalah ini untuk mengetahuinya dengan pasti. Studi yang dijelaskan di atas menunjukkan bahwa menggunakan ASI di mata bayi, kemungkinan aman dan mungkin efektif melawan infeksi bakteri dan saluran air mata yang tersumbat. Kolostrum tampaknya lebih efektif daripada ASI karena memiliki konsentrasi antibodi yang lebih tinggi.

Namun, jika Bunda ingin mencobanya lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau pakar ya. Berkaitan dengan hal tersebut, Konselor Laktasi, dr Ameetha Drupadi, CIMI, menjelaskan bahwa selama ini banyak mitos mengenai ASI yang salah kaprah. Ternyata, menurut pandangan medis menggunakan ASI untuk mengobati mata bayi belekan mitos belaka, Bunda. Ditegaskan dr Ameetha bahwa tidak dibenarkan mengobati mata bayi belekan dengan menetesi ASI, kerena tidak higienis.

“Sebenarnya ASI itu kan nutrisi, kalau kita kasih ke mata malah kotor kan. Sebaiknya kalau anak belekan dibersihkan saja. Kalau bayi baru lahir belekan terus itu karena saluran air matanya masih tersumbat, bukan sakit,” ungkap dr Ameetha, saat berbincang dengan HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Meskipun ASI kaya manfaat, namun tidak bisa digunakan sebagai obat belekan mata anak. Menurutnya, faktor kebersihan menjadi alasan utama agar tidak menggunakan ASI sebagai obat belekan.

“Enggak bener ya karena nggak higienitas,” tegas Ameetha.

Nah, sudah tahu kan, Bunda, jawabannya apakah ASI obati mata bayi belekan? Daripada terjadi hal yang tak diinginkan karena mata sangat sensitif, lebih baik Bunda menghindari cara tersebut dan mencari cara yang lebih aman seperti menyeka mata bayi dengan air hangat.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

 

Sumber : detik.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.