Bikin Umur Pendek Jika Minum Kopi Dikonsumsi dengan Cara Ini

0
22229

TNews, SEHAT – Bahaya minum kopi bisa timbul jika kamu mengonsumsinya dengan cara tidak tepat. Hindari menambahkan banyak gula dan krimer.

Minum kopi punya sejuta manfaat untuk kesehatan, Mulai dari membantu tetap fokus sepanjang hari hingga bantu menurunkan berat badan.

Tapi di sisi lain, mengonsumsi kopi juga bisa menimbulkan bahaya bahkan bisa bikin umur pendek. Hal ini lantaran kamu mengonsumsi terlalu banyak kopi hingga menambahkan terlalu banyak pemanis.

Akhirnya asupan kopi yang seharusnya baik untuk kesehatan, malah jadi membahayakan. Lalu apa saja kebiasaan minum kopi yang bikin umur pendek?

Berikut detikfood (25/12) merangkum informasinya dari Eat This Not That:

  1. Minum terlalu banyak kopi

Pencinta kopi sering kali tak sadar kalau sudah terlalu banyak minum kopi. Kebiasaan ini tidak bagus untuk kesehatan.

Sebuah penelitian yang mengamati konsumsi kopi 40 ribu orang dewasa menemukan mereka yang minum lebih dari 4 cangkir kopi per hari alami efek negatif terkait masa hidupnya.

Penulis penelitian itu bilang minum 28 cangkir kopi per minggu (yang mana 4 kali sehari) tak masalah untuk kesehatan, tetapi minum lebih dari jumlah tersebut bisa berdampak negatif dalam kaitannya dengan umur panjang.

  1. Menambahkan terlalu banyak gula

Penambahan pemanis, termasuk gula ke dalam secangkir kopi, bisa menambah nilai kalori secangkir kopi. Hal ini harus dihindari pelaku diet.

Selain itu, praktik menambahkan banyak gula juga berisiko membuat umur kamu pendek. Penelitian mengungkap terlalu banyak konsumsi gula berisiko pada kematian dini.

Hal ini bukan karena obesitas atau kenaikan berat badan yang disebabkan karena gula, melainkan fakta bahwa gula bisa memicu dehidrasi. Pada akhirnya hal ini menjadi gejala gula darah tinggi dan jika tidak diatasi akan menyebabkan diabetes. Penyakit ini termasuk berbahaya dan mengancam nyawa.

Salah satu rahasia kopi enak, kental, dan creamy adalah karena memakai banyak krimer. Tapi hindari praktik ini karena tak bagus untuk kesehatan.

Apalagi krimer juga ada yang mengandung gula. Kalau mendapatkan kopi yang teksturnya kental, coba gunakan susu segar yang lebih sehat. Bisa susu sapi atau susu nabati seperti almond dan oat.

  1. Tidak mengonsumsi kafein dalam jumlah cukup

Layaknya mata pisau, kafein bisa bermanfaat sekaligus membahayakan kesehatan. Manfaat kafein akan terasa jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat.

Jumlah yang disarankan ialah tak lebih dari 400 mg kafein per hari. Jika berlebih, maka akan muncul beragam masalah kesehatan. Misalnya saja rasa resah, jantung berdebar, insomnia, dan masalah pencernaan.

  1. Tidak minum kopi sama sekali

Minum kopi memang berbahaya jika terlalu banyak, namun tidak minum kopi juga akan membuat kamu terhindar dari manfaat panjang umur.

Pasalnya penelitian menemukan peminum kopi memiliki risiko kematian lebih rendah 10-15 persen dibanding mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.