Bisa Bikin Awet Muda, Berikut Manfaat Sering Makan Jamur Tiram

0
381

TNews, KESEHATAN – Kenyal empuk jamur tiram ternyata bukan hanya bikin ketagihan tapi juga memberi banyak manfaat kesehatan. Rutin makan jamur tiram bisa menurunkan kadar kolesterol dan bikin awet muda.

Jamur tiram termasuk bahan makanan yang mudah ditemui di pasar ataupun supermarket. Harganya juga relatif terjangkau dan mudah diracik jadi berbagai makanan enak.

Cukup tumis jamur tiram dengan bawang merah, bawang putih dan cabai rawit, kamu bisa menyantapnya jadi makanan enak. Atau buat pepes jamur tiram yang gurih sedap.

Di dalam jamur tiram mengandung nutrisi yang terbilang komplet mulai dari protein, serat, kalsium hingga pottasium. Jamur tiram juga rendah lemak dan ampuh dijadikan santapan untuk menurunkan kolesterol.

Dilansir dari BoldSky (12/10) berikut beberapa khasiat kesehatan yang bisa didapatkan dengan konsumsi jamur tiram.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet MudaSering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet Muda Foto: Getty Images/iStockphoto/Kritchanut

Kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh akan jadi masalah besar jika tidak segera ditangani. Konsumsi jamur tiram bisa jadi salah satu solusi.

Di China, jamur tiram bahkan masuk sebagai salah satu obat dalam pengobatan tradisional, termasuk masalah kolesterol. Jamur tiram yang dikonsumsi secara rutin, terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa jamur tiram mengurangi kadar kolesterol hingga 37 persen dan menurunkan trigliserida hingga 45 persen. Studi lain pada tahun 2007 menyebutkan bahwa pasien diabetes yang diberi jamur tiram mengalami penurunan kadar kolesterol yang signifikan.

  1. Memperkuat kekebalan tubuh

Tanaman dengan nama latin Pleurotus ostreatus ini mengandung antioksida yang cukup tinggi. Kandungan selenium pada jamur tiram membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan berbagai penyakit.

Hal ini memberi pengaruh besar pada sistem kekebalan tubuh. Penelitian yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa jamur tiram mengandung senyawa yang bertindak sebagai imunomodulator, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet MudaSering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet Muda Foto: Getty Images/iStockphoto/Kritchanut

Rutin mengonsumsi jamur tiram terbukti ampuh menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi para penderita diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jamur tiram kaya akan β-glukan, serat makanan yang larut dalam air yang dapat membantu meningkatkan kadar glukosa, yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

Selain itu, jamur tiram merupakan sumber serat yang baik yang diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Bikin awet muda

Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet MudaSering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet Muda Foto: Getty Images/iStockphoto/Kritchanut

Kandungan antioksidan dalam jamur tiram membantu melawan radikal bebas yang berpotensi merusak sel. Radikal bebas juga memberi pengaruh besar pada kesehatan kulit.

Dengan banyaknya asupan antioksidan dari jamur tiram, kesehatan dan kelembaban kulit akan lebih terjamin. Kulit akan tampak awet muda, sehat dan terhindar dari kerut halus dan tanda penuaan dini.

  1. Mencegah kanker

Jamur tiram menunjukkan sifat anti tumor yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Oncology menunjukkan bahwa jamur tiram memiliki kemampuan ampuh untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

Efeknya semakin bisa dirasakan untuk jenis sel kanker payudara dan kanker usus besar. Studi lain tahun 2011 menunjukkan bahwa ekstrak jamur tiram memiliki efek terapeutik terhadap tumor kolorektal dan sel leukemia. Tapi bukan berarti jamur tiram bisa sepenuhnya dianggap sebagai obat kanker.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.