Bisa Sebabkan Stroke! Hindari 5 Jenis Ikan Ini Bagi Para Penderita Kolestrol

0
71
ilustrasi ikan pantangan bagi penderita kolestrol ( foto: pikiranrakyat.com )

TNews, KESEHATAN – Ikan pantangan bagi penderita kolesterol sebaiknya dihindari atau tidak dikonsumsi secara berlebihan.Ikan jenis ini bisa menyebabkan kolesterol tinggi , faktor dari masalah kesehatan serius seperti stroke dan serangan jantung.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dengan kolesterol tinggi, Anda dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri.

Endapan dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Karena itu penting mengetahui pantangan yang harus dihindari. Berikut ikan pantangan bagi penderita kolesterol dilansir dari berbagai sumber, Rabu (7/9/2022).

1. Ikan Sarden

Satu kaleng ikan sarden mengandung sekitar 130,6 ml kolesterol. Namun, tidak perlu khawatir. Meski kandungan kolesterolnya cukup tinggi, ikan sarden memiliki kandungan lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan asam lemak omega-3 yang bisa menyehatkan jantung, serta menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida.

2. Ikan Makarel

Makarel merupakan sejenis ikan berlemak yang mengandung kolesterol cukup tinggi. Pada fillet makarel atlantik dengan berat 6 ons, terdapat kandungan kolesterol sekitar 127,5 ml. Akan tetapi, jenis ikan ini juga memiliki kandungan omega-3 tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Ikan Bawal

Ikan bawal banyak mengandung kolesterol. Ikan jenis ini mengandung 120 ml kolesterol setiap 100 gram ikan bawal. Oleh karena itu disarankan untuk tak berlebihan ketika menyantap hidangan dengan ikan satu ini. Perhatikan juga cara mengolahnya agar ikan bawal tak hanya enak tapi juga menyehatkan.

4. Ikan Lele

Menurut Vanguard, seorang praktisi medis bernama Dr Arikawe Adeolu mengatakan bahwa lele mengandung kolesterol sangat tinggi. Asam lemak omega-6 dalam lele juga dapat menaikan tingkat peradangan tubuh. Peradangan ini menjadi dasar penyakit kardiovaskular, seperti diabetes, dan kanker tertentu.

5. Ikan Kod

Ikan yang banyak dijumpai di perairan Atlantik ini juga mengandung kolesterol jahat. Per satu ons ikan kod, kolesterol di dalamnya bisa mencapai 17.3 miligram. Kendati demikian, minyak ikad kod terkenal baik bagi kesehatan anak. Pasalnya, minyak tersebut terdapat kandungan baik seperti vitamin A, lemak omega 3, dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Lihat Juga: Hukum Makan Lele yang Diberi Pakan Kotoran Manusia (dra)

Sumber: sindonews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.