Bukan Paracetamol, Ini Ramuan Herbal yang Bisa Turunkan Demam Pada Bayi

0
94
Ilustrasi Susu kunyit bisa jadi obat herbal yang bantu menurunkan demam pada bayi. (foto: gridhype)

TNews, KESEHATAN – Obat penurun demam anak tak cuma paracetamol. Orang tua bisa memberikan ramuan obat herbal saat si kecil alami demam.

Ramuan yang diberikan Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) ini bisa jadi alternatif saat sejumlah obat kimia dianggap berbahaya dan dilarang untuk sementara waktu.

Sebagaimana diketahui, buntut maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak, sejumlah obat sirop ditarik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Obat-obat tersebut ditemukan mengandung senyawa berbahaya etilen glikol (EG) dan diatilen glikol (DEG) melebihi batas normal.

Sementara menunggu hasil pengujian lebih lanjut, kini masyarakat juga dilarang mengonsumsi obat berbentuk sirop. Padahal, obat sirop jadi solusi paling tepat untuk mengobati anak.

Untuk itu, alih-alih bingung, orang tua disarankan untuk memberikan racikan herbal saat si kecil demam. Salah satunya resep susu kunyit yang bisa digunakan untuk menurunkan demam pada bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun.

Bahan:

1. 1/8 hingga 1/4 sdt kunyit bubuk, gunakan kunyit organik untuk hasil lebih baik.

2. ASI atau susu formula, sesuai dengan takaran konsumsi bayi sekali minum.

Cara membuat:

1. Siapkan ASI atau susu formula yang sudah dihangatkan. Masukan dalam gelas campur dengan bubuk kunyit. Aduk hingga tercampur rata.

2. Susu kunyit siap diminum dalam keadaan hangat. Bisa dipindahkan ke alat minum bayi agar lebih mudah diberikan.

Ramuan ini juga tidak hanya diberikan pada bayi yang sedang sakit. Bayi sehat juga bisa mengonsumsi rutin ramuan tersebut satu kali sehari. Hal ini dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh bayi.

Sumber: cnnndonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.