Cara Menyusui bagi Ibu yang Positif Covid-19

0
65

TNews, SEHAT – Di masa pandemi seperti ini, siapapun bisa terinfeksi COVID-19, tak terkecuali ibu yang sedang menyusui. Lalu, apakah seorang ibu yang positif terinfeksi virus Corona masih bisa melakukan proses menyusui?

Ternyata, ibu yang terkena COVID-19 masih boleh tetap menyusui bayinya, lho. Dikutip dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada International Breastfeeding Week yang diadakan pekan lalu, WHO serta UNICEF telah meminta pemerintah dan para pemangku kekuasaan negara-negara di seluruh dunia untuk meningkatkan investasi yang dibutuhkan guna menjaga serta mendukung proses menyusui.

Pasalnya, seorang ibu menyusui tidak hanya sekedar memberikan ASI kepada anak, tetapi turut membentuk fondasi kehidupan anak di masa mendatang. Selain itu, proses menyusui juga memberikan berbagai manfaat bagi ibu serta bayinya.

Dari ASI, kebutuhan gizi anak dapat terpenuhi, sehingga tumbuh kembangnya bisa menjadi lebih optimal. Tak hanya itu, proses menyusui juga membentuk bonding yang kuat antara ibu dengan anak, melatih anak menjadi pribadi yang lebih mandiri, memiliki sensori dan motorik yang bagus, serta meningkatkan kecerdasan otak anak.

Sementara itu, manfaat proses menyusui bagi ibu dapat mengurangi risiko anemia setelah melahirkan, mengurangi risiko kanker payudara dan kanker rahim, mengurangi risiko diabetes, hipertensi, dan dapat membantu mengendalikan hormon pasca melahirkan yang sering kali membuat ibu merasakan baby blues hingga depresi.

Namun, jika ibu terinfeksi COVID-19, tentunya terdapat sejumlah hal yang harus lebih diperhatikan ketika ibu menyusui. Sebab, kondisi ibu saat terinfeksi virus tentunya berbeda dengan kondisi biasanya.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan oleh seorang wanita yang terinfeksi COVID-19 tetapi tengah dalam proses menyusui?

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.