Ciri-ciri Campak dari Hari ke Hari yang Perlu Diwaspadai

0
20
ilustrasi campak ( foto: cnnindonesia )

TNews, KESEHATAN – Campak adalah penyakit infeksi saluran pernapasan yang sangat menular.

Penyakit ini bisa berdampak fatal, terutama pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi campak rubella.

Bahaya penyakit yang disebabkan infeksi paramyxovirus ini dapat memicu komplikasi komplikasi serius, seperti diare, radang paru (pneunomia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, sampai kematian.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa ciri-ciri campak yang pantang disepelekan.

3 Ciri-ciri campak:

Ada beberapa gejala campak yang khas dan muncul dari hari ke hari. Berikut beberapa di antaranya:

  • Gejala mirip flu

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), pada awal terkena campak atau sekitar tiga hari pertama, penderita bakal merasakan sakit mirip flu.

Ciri-ciri campak ini dimulai dengan demam tinggi (bisa sampai 40 derajat Celsius), batuk, pilek, mata kemerahan dan berair.

  • Muncul bintik koplik

Selang dua sampai tiga hari setelah bergejala, penderita bakal merasakan munculnya bintik-bintik putih keabuan dengan dasar merah atau bintik koplik. Bintik-bintik ini bakal muncul di bagian dalam mulut penderita.

  • Ruam campak menyebar

Setelah tiga sampai lima hari gejala campak muncul, penderita bakal mengembangkan ruam atau bintik-bintik merah disertai demam tinggi.

Ruam kemerahan ini awalnya muncul di wajah dan leher, lantas menyebar ke seluruh badan sampai tangan dan kaki.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ruam campak ini bisa berlangsung selama tiga hari dan mereda pada hari ke enam sejak gejala awal muncul.

Gejala campak di atas bisa muncul dalam rentang waktu seminggu sampai dua minggu setelah penderita terpapar virus campak.

Jika Anda mendapati ciri-ciri campak di atas, segera bawa penderita ke pusat layanan kesehatan terdekat. Penderita perlu dipantau nutrisi dan asupan cairannya tercukupi agar tubuhnya kuat melawan virus campak.

Untuk meminimalkan risiko komplikasi penyakit yang bisa berdampak fatal ini, lindungi diri dengan imunisasi campak rubella.

Sumber: kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.