Deddy Corbuzier Sempat Konsumsi Ini Saat Terpapar Covid

0
82

TNews, KESEHATAN – Deddy Corbuzier mengungkapkan dirinya sempat kritis dan berisiko meninggal dunia usai dinyatakan positif COVID-19. Awalnya kondisinya masih baik-baik saja dan tidak mengalami gejala.

Hingga beberapa hari kemudian, Deddy mengaku kondisi kesehatannya menurun drastis. Ia mengalami demam tinggi sampai 40 derajat celcius lebih, hingga vertigo.

Namun, saat memeriksakan diri ke RSPAD Gatot Soebroto dan melakukan CT Thorax, diketahui paru-parunya mengalami kerusakan. Tetapi, saturasi oksigennya masih sangat baik.

“Saya punya oksigen masih 99 persen, jadi dokter mengatakan kalau mau stay di rumah boleh karena masih 99. Tapi, liat ya dalam beberapa hari lalu kita dikasih obat,” katanya yang dikutip dari podcast Deddy Corbuzier, Senin (23/8/2021).

“Pada saat pertama kali saya kena, saya juga makan obat. Saya masuk (mengkonsumsi) avigan, Ivermectin, masuk semuanya. Jadi saya sudah mengikuti aturan-aturannya,” lanjutnya.

Seperti yang diketahui, Ivermectin adalah obat antiparasit yang disebut memiliki potensi dalam membantu pengobatan pasien COVID-19, sempat diklaim bisa membunuh virus dalam waktu 48 jam. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian dari Monash University dan Doherty Institute.

Meski begitu, perlu diketahui Ivermectin termasuk obat keras dan hingga kini efektivitasnya masih diteliti, sehingga tidak bisa dikonsumsi sembarangan tanpa resep dokter. Untuk itu, perlu melakukan konsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum mengkonsumsi Ivermectin.

Selain itu, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini apabila memiliki penyakit hati atau ginjal, HIV, atau kondisi lain yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tidak dianjurkan juga mengonsumsi Ivermectin dalam jumlah dosis yang lebih besar, atau lebih lama dari yang telah direkomendasikan oleh dokter karena bisa memicu efek samping.

 

Apa saja efek sampingnya?

Jika tidak dikonsumsi sesuai resep dokter, penggunaan Ivermectin bisa memicu efek samping. Berikut beberapa efek sampingnya yang dikutip dari Drugs.com:

Efek samping Ivermectin paling umum:

Sakit kepala

Nyeri otot

Pusing

Mual

Diare

Ruam kulit

Efek samping Ivermectin serius:

Sakit mata atau mata bengkak

Ruam kulit yang parah

Kebingungan hingga sulit berjalan

Demam dan pembengkakan kelenjar

Jantung berdebar cepat dan kesulitan bernapas

Sakit leher atau punggung

Perasaan pusing seperti ingin pingsan.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.