Ditemukan Jenis Virus Flu Baru G4 di China, Berpotensi jadi Pandemi

0
365

TNews, SEHAT – Para ilmuwan di China menemukan virus baru yang potensial memicu pandemi. Virus tersebut muncul belakangan ini dan dibawa oleh babi, tetapi bisa menginfeksi manusia.

Dikhawatirkan, virus tersebut bisa bermutasi sehingga bisa menular dengan mudah dari orang ke orang. Jika itu terjadi, maka pandemi global bisa terjadi.

Meski dikatakan belum akan jadi masalah dalam waktu dekat, virus ini perlu dipantau dengan ketat. Imunitas manusia terhadap virus yang masih baru ini diyakini masih sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Virus yang oleh para ilmuwan disebut G4 EA H1N1 tersebut bisa tumbuh dan menggandakan diri di sel-sel saluran napas manusia. Ilmuwan menemukan bukti infeksi baru-baru ini berawal pada orang-orang yang bekerja di industri dan rumah potong babi di China.

“Saat ini kita teralihkan oleh virus Corona dan memang demikian. Tapi kita tidak boleh abai dengan virus baru yang potensial berbahaya,” kata Prof Kin-Chow Chang dari Nottingham University, dikutip dari BBC, Selasa (30/6/2020).

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.