Efek Samping Vaksin Corona Berbahaya? Ini Penjelasannya

0
382

TNews, SEHAT – Vaksin virus Corona COVID-19 sebentar lagi sudah dapat diproduksi. Saat ini sejumlah kandidat vaksin tersebut sedang dalam tahap uji klinis fase 3, yang dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia.

Namun, bagaimana dengan risiko efek sampingnya?

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan kemungkinan adanya efek samping pada vaksin akan sangat kecil terjadi. Ini karena ketika diproduksi nanti vaksin Corona sudah melewati berbagai macam uji klinis, sehingga sudah bisa terjamin tingkat keamanannya.

“Jadi jika ujinya dilakukan dengan baik, diamati dengan baik, maka potensi untuk memiliki efek samping itu menjadi sangat minim. Bisa saja kalau risiko itu untuk adanya efek samping itu bisa saja ada, tetapi biasanya sangat kecil,” kata Wiku dalam video yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (1/9/2020).

Wiku juga menjelaskan efek positif yang dihasilkan dari vaksin Corona akan jauh lebih banyak dibandingkan risiko timbulnya efek samping. Maka dari itu, jangan takut untuk melakukan vaksinasi agar terhindar dari risiko infeksi COVID-19.

“Efek positifnya dari vaksinasi itu jauh lebih besar daripada potensi efek samping, karena efek samping selalu diamati dalam uji klinis dan selalu diamankan dari uji tersebut,” tuturnya.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.