Gara-gara Tiru Squid Game Buat Permen Dalgona, Anak-anak Alami Luka Bakar

0
20
ilustrasi

TNews, SEHAT – Banyak orang jadi penasaran dengan permen dalgona karena sempat ditayangkan dalam serial populer Squid Game dari Korea Selatan. Sebagian netizen pun mencoba tantangan membuat permen dalgona seperti yang ada di dalam film.

Di Tiktok beredar video yang menunjukkan orang-orang melelehkan gula lalu menuangkannya ke cetakan ditambah pola tertentu. Tantangannya adalah mencoba mengukir pola yang ada tanpa membuat permen dalgona patah.

Tren ini dilaporkan oleh dokter tampaknya berisiko karena bisa meningkatkan kejadian luka bakar. Setidaknya di The Children’s Hospital at Westmead, Australa, sudah ada tiga anak yang dirawat karena mengalami luka bakar saat mengolah gula cair.

Cedera yang terjadi bisa cukup parah sampai membutuhkan transplantasi kulit. Salah satu orang tua anak, Helena, mengaku terkejut karena tidak menyangka dengan potensi cedera yang bisa terjadi.

“Mengagetkan bagaimana tindakan yang sederhana, seperti membuat permen, bisa memberi konsekuensi serius,” kata Helena seperti dikutip dari 7news, Kamis (11/4/2021).

dr Erik La Hei dari departemen luka bakar rumah sakit menjelaskan gula butuh suhu yang tinggi untuk bisa mencair, melebihi air mendidih. Belum lagi cairan gula bersifat lengket sehingga bisa menempel lebih lama pada kulit.

“Bila cairan itu tumpah saat masih panas, semakin tinggi suhu dan semakin lama ia menempel akan menimbulkan luka bakar yang lebih dalam dan serius,” kata dr Erik.

 

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.