Ini 5 Kebiasaan Penyebab Sariawan yang Perlu Diperhatikan

0
17
ilustrasi sariawan ( foto : kumparan )

TNews, KESEHATAN – Sariawan di bagian dalam mulut bisa jadi menyakitkan dan membuat makan dan berbicara tidak nyaman. Terdapat berbagai kebiasaan sehat yang dapat dilakukan untuk menghindari sariawan.

Sariawan, yang juga disebut sebagai borok aphthous, adalah lesi kecil dan dangkal yang berkembang pada jaringan lunak di dalam mulut yang terbentuk di pipi, bibir, atau pangkal gusi.

Tidak seperti cold sores atau semacam lepuhan pada kulit, sariawan tidak muncul di permukaan bibir dan tidak menular.

Pasalnya, kebanyakan sariawan akan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu.

Walaupun sering dianggap tidak berbahaya, sariawan telah dikaitkan dengan kondisi kesehatan serius termasuk diabetes, gangguan imun, penyakit radang usus, penyakit celiac, penyakit behcet, hingga HIV dan AIDS.

Penyebab pasti dari sariawan masih belum diketahui dan bervariasi dari orang ke orang. Namun, ada beberapa penyebab umum dan beberapa faktor yang dapat memperburuk sariawan.

Maka dari itu, orang perlu melakukan beberapa kebiasaan sehat agar terhindar dari sariawan.

Berikut beberapa kebiasaan sehat untuk menghindari sariawan.

1. Menjaga kebersihan mulut dengan baik

Menggabungkan teknik menyikat gigi dan flossing yang tepat akan membantu Anda menjaga mulut tetap bersih dan bebas dari partikel makanan yang dapat memicu pembentukan rasa sakit.

Dokter gigi selalu merekomendasikan penggunaan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi serta obat kumur yang bebas sodium lauryl sulfate karena dapat memicu pembentukan sariawan.

2. Selalu perhatikan apa yang Anda makan

Makanan tertentu seperti keripik, kacang-kacangan, rempah-rempah dan buah-buahan asam (jeruk bali, jeruk, nanas, dll.) dapat menyebabkan sariawan. Oleh karena itu menghindari makanan-makanan tersebut adalah cara terbaik menghindari sariawan.

3. Konsumsi makanan sehat

Pada sebagian orang, kekurangan vitamin, zat besi, dan lain-lain dapat menyebabkan sariawan. Oleh karena itu, makan makanan yang kaya vitamin dan zat besi akan mencegah pembentukan sariawan pada orang-orang tersebut.

4. Lindungi mulut dari peralatan tajam

Peralatan ortodontik tertentu seperti kawat gigi memiliki ujung yang tajam yang dapat mengiritasi bagian mulut yang menyebabkan sariawan. Kunjungi dokter gigi Anda untuk menutupi atau mengarsipkan tepi tajam tersebut.

5. Kurangi stres

Terkadang sariawan dikaitkan dengan stres. Berlatih aktivitas pengurangan stres seperti yoga atau meditasi dapat mengurangi pembentukan sariawan yang berhubungan dengan stres.

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.