Ini 5 Rebusan Daun yang Baik untuk Turunkan Kadar Kolesterol

0
44
Ilustrasi Rebusan Daun Salam Untuk Turunkan Kadar Kolestrol (Foto: Tribunnews)

TNews, KESEHATAN – Ada banyak cara untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Salah satunya adalah dengan meminum air rebusan daun-daun tertentu.

Beberapa daun diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mulai dari kelor hingga salam, berikut beberapa rebusan daun yang baik untuk kolesterol.

1. Rebusan daun kelor untuk kolesterol

Bukan rahasia lagi, kelor dikenal sebagai tanaman dengan sejuta manfaat. Salah satunya untuk mengontrol kadar kolesterol.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika menemukan bahwa kadar kolesterol bisa menurun jika lansia diberi air rebusan daun kelor setiap hari.

Dalam studi tersebut, sebanyak 63 lansia di Jombang, Jawa Timur diberikan air rebusan daun kelor selama kurang lebih tujuh hasil.

“Sesudah diberikan air rebusan selama tujuh hari, seluruh responden memiliki kadar kolesterol yang menurun,” tulis penelitian tersebut.

2. Daun kari

Daun kari kaya akan kalsium, fosfor, zat besi, dan berbagai vitamin yang dapat membantu fungsi jantung.

Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat daun kari dalam mengatasi kadar kolesterol tinggi. Kaya akan antioksidan, daun kari mampu mencegah oksidasi kolesterol yang membentuk kolesterol jahat.

3. Daun artichoke

Rebusan daun artichoke bisa jadi salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi.

Artichoke sendiri merupakan salah satu sumber makanan populer dalam diet Mediterania. Beberapa penelitian telah melihat manfaat artichoke dalam memengaruhi kadar kolesterol.

Sebuah meta analisis pada tahun 2018 menemukan, ekstrak daun artichoke dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Untuk mendapatkan ekstraknya, Anda bisa merebus daun tersebut.

4. Daun salam

Tak cuma dikenal karena aromanya yang menggoda, daun salam juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi kadar kolesterol.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun salam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini utamanya berlaku pada orang dengan diabetes.

5. Daun serai

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menemukan bahwa ekstrak sereh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Namun, penurunan ini akan bergantung pada dosis yang diberikan.

Demikian beberapa rebusan daun yang baik untuk kolesterol. Selamat mencoba!

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.