Ini 6 Bahan Alami Pereda Batuk

0
145

TNews, SEHAT – Batuk berperan untuk membersihkan iritasi dan infeksi dalam saluran tubuh. Namun, batuk yang terus-menerus dapat mengganggu aktivitas. Berbagai pengobatan untuk meredakan batuk dapat dicoba, salah satunya menggunakan bahan alami.

Dikutip dari Insider, berikut 6 obat alami yang dapat meredakan batuk:

  1. Madu

Khasiat madu sama dengan obat batuk yang mengandung dekstrometorfan untuk melegakan tenggorokan. Campurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat, kemudian minum dalam waktu dua kali sehari. Jangan berikan kepada anak di bawah usia 1 tahun.

  1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan batuk kering serta mual. Caranya, seduh teh jahe dengan menambahkan 20-40 gram irisan jahe ke dalam secangkir air panas, diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau perasan lemon untuk menambah rasa serta lebih cepat meredakan batuk.

  1. Air garam

Air garam dapat mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan yang dapat meredakan batuk. Aduh setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut. Diamkan selama beberapa menit, kemudian gunakan untuk berkumur.

Selama berkumur, biarkan larutan tersebut berada di belakang tenggorokan selama beberapa menit lalu ludahkan. Berkumurlah beberapa kali sehari hingga batuk membaik.

  1. Uap panas

Mandi atau berendam dengan air panas dapat membantu meredakan batuk. Berdiam dirialh dengan uap selama beberapa menit, kemudian minum segelas air setelahnya untuk mendinginkan badan dan mencegah dehidrasi.

Bisa juga dengan menyediakan semangkuk air panas, kemudian tambahkan minyak kayu putih atau wewangian herbal. Letakkan handuk di atas kepala dan hiruplah uap dari mangkuk tersebut selama 5 menit. Jika uap terasa panas di kulit, segera hentikan pemakaian.

  1. Minuman hangat

Selain batuk, minuman hangat juga dapat meredakan sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan. Beberapa minuman hangat yang dapat dikonsumsi untuk meredakan batuk adalah teh hangat, jus buah hangat, dan teh herbal.

  1. Bromelain pada buah nanas

Selain anti-inflamasi, bromelain juga mengandung sifat mukolitik yang dapat mengeluarkan lendir penyebab batuk dalam tubuh. Beberapa orang mengonsumsi jus nanas setiap hari untuk membantu meredakan batuk.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.