Ini 6 Kebiasaan Penyebab Mata Panda, Salah Satunya Kebanyakan Ngopi

0
12

TNews, KESEHATAN – Lingkar hitam di mata atau mata panda membuat penampilan terlihat tidak sempurna. Mata juga jadi terlihat tidak sehat dan akan memengaruhi penampilan secara keseluruhan.

Mata panda bisa muncul karena beberapa hal. Salah satunya karena kurang tidur atau terbiasa tidur larut malam. Selain masalah tidur, ada beberapa kebiasaan penyebab mata panda.

Sebaiknya, segera hilangkan kebiasaan ini agar mata panda bisa segera hilang. Penampilan pun terlihat jauh lebih segar.

1. Terlalu banyak garam dan ‘ngopi’

Konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam dan kafein sebelum tidur bisa membuat lingkar hitam di mata makin lebar.

Mengutip berbagai sumber, kadar natrium dan kafein yang tinggi menyebabkan tubuh menahan air. Hal ini membuat kulit di bawah mata jadi bengkak dan membuatnya tampak lebih gelap.

2. Sering kucek mata

Kulit di bawah mata adalah bagian wajah yang paling tipis dan sensitif. Kapiler di bawah kulit ini rentan terhadap kerusakan dan kebocoran. Sering mengucek mata jadi salah satu kebiasaan penyebab mata panda.

Jika Anda tidak ingin melihat warna hitam di bawah mata, jangan terlalu sering menggosok atau menarik mata.

3. Jarang minum air putih

Banyak minum memang baik untuk kesehatan karena berkaitan dengan hidrasi tubuh.

Sebaliknya, kurang minum menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan jaringan di bawah mata menjadi lebih tipis dan menyebabkan pembuluh darah di bawah mata terlihat.

4. Bekerja berjam-jam di depan komputer

Menatap layar komputer sepanjang hari membuat pembuluh darah di sekitar mata lebih tertekan. Efeknya, bagian ini jadi terlihat lebih besar.

Ketika pembuluh darah membesar di sekitar mata, hal ini membuat kulit di sekitarnya terlihat lebih gelap.

5. Kurang tidur
Saat kurang tidur, darah tidak dapat mengalir dengan baik ke area sekitar mata. Akibatnya, darah yang menumpuk di bawah mata bisa terlihat karena kulit di area ini sangat tipis.

Selain mata panda, sebagaimana menukil laman Focus Kimia, kurang tidur juga membuat mata terlihat bengkak dan tampilan wajah menjadi kusam.

6. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan konsumsi alkohol, juga bisa menyebabkan mata panda. Rokok dan alkohol lama kelamaan bisa membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar.

Hal ini membuat lingkaran di sekitar mata terlihat lebih gelap seperti mata panda. Selain itu, merokok juga dapat memicu rusaknya kolagen yang membuat kulit menjadi kendur dan kusam.

Hindari beberapa kebiasaan penyebab mata panda di atas agar tampilan tetap sempurna.

Sumber: Sehatqu.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.