Ini 6 Kebiasaan Sehat yang Bantu Ginjal Buang Racun dari Tubuh

0
16
Ini 6 Kebiasaan Sehat yang Bantu Ginjal Buang Racun dari Tubuh (Foto: Hello sehat)

TNews, KESEHATAN – Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang memiliki fungsi krusial. Salah satunya adalah menyaring darah dan membuang racun dalam tubuh lewat urine.

Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Beberapa kebiasaan berikut bisa membantu ginjal tetap sehat.

Jika Anda tak menjaga kesehatan ginjal, beragam penyakit kronis mengintai Anda. Jika tingkat keparahannya tinggi, maka bisa berakibat fatal hingga kematian.

1. Cukupi kebutuhan cairan

Asupan air yang teratur dan konsisten akan membuat kesehatan ginjal tetap terjaga. Mengutip Healthline, air dapat membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal sehingga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Orang dengan riwayat batu ginjal harus minum lebih banyak air untuk membantu mencegah lebih banyak timbunan batu kristal.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Pola makan sehat yang rendah natrium, daging olahan, dan makanan perusak ginjal lainnya dapat membantu mengurangi risiko kerusakan. Cobalah fokus untuk mengonsumsi bahan-bahan segar yang rendah sodium secara alami seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan lainnya.

3. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi terjadi bersamaan dengan masalah kesehatan lain seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, dampaknya pada tubuh bisa signifikan.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Tekanan darah normal berada di kisaran angka 90/60 mmHG hingga 120/80 mmHg.

4. Jaga asupan gula

Penderita diabetes atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah, ginjal dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaringnya.

Jika dibiarkan selama bertahun-tahun, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan yang mengancam jiwa.

Maka dari itu, Anda dapat mengontrol gula darah untuk mengurangi risiko kerusakan ginjal.

5. Rajin berolahraga

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Rajin berolahraga juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

6. Berhenti merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah dalam tubuh. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh dan ginjal.

Selain itu, merokok juga meningkatkan risiko penyakit kanker ginjal.

Sumber: CNNIndonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.