Ini 7 Buah Penurun Kolesterol Tinggi, dari Tomat Sampai Pepaya

0
68
Ilustrasi 15 buah lezat dan bermanfaat untuk berbuka puasa

TNews, KESEHATAN – Apa yang Anda lakukan kalau lagi kolesterol lagi naik? Ada beberapa buah penurun kolesterol tinggi yang bisa dijadikan bagian dalam diet rutin.

Ada banyak faktor penyebab naiknya kolesterol, termasuk karena gaya hidup dan pola makan yang tak tepat. Kolesterol menjadi perhatian penting saat ini karena merupakan akar penyebab berbagai penyakit kardiovaskular.

Apa sebenarnya gejala kolesterol tinggi? Beberapa gejala kolesterol tinggi adalah mual, tekanan darah tinggi, dada sesak, rasa berat, kesulitan bernapas, dan kelelahan yang luar biasa.

Berikut beberapa buah penurun kolesterol tinggi:

1.Jeruk

“Jeruk adalah buah yang memuaskan yang mengandung nutrisi penting untuk kesehatan jantung tanpa tambahan gula,” kata Lauren Manaker penulis The First Time Mom’s Pregnancy Cookbook and Fueling Male Fertility.

Ketika melihat jus jeruk secara khusus, penelitian observasional telah menunjukkan hubungan antara orang dewasa yang mengonsumsi jus jeruk dan kadar kolesterol total dan LDL yang secara signifikan lebih rendah. Setelah mengonsumsi jus jeruk, laki-laki memiliki risiko konsentrasi HDL 23 persen lebih rendah, dibandingkan dengan non-konsumen.

“Satu porsi jus jeruk dapat menjadi salah satu hal positif yang harus dilakukan untuk mendukung kadar kolesterol yang sehat.”

2. Semangka

Semangka bukan hanya mengandung banyak air tapi juga membantu menurunkan kolesterol.

“Semangka adalah buah populer yang merupakan tambahan yang fantastis untuk diet penurun kolesterol,” kata Manaker.

Semangka secara alami mengandung lycopene, karotenoid yang telah terbukti mengais radikal bebas, sehingga dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol.

3. Apel

Kamu pasti pernah mendengar satu apel sehari bisa menjauhkan Anda dari dokter. Pada kenyataannya hal ini tepat.

“Apel sangat tinggi pektin, yang merupakan serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan. Kolesterol ini akan dibawa ke hati untuk dibuang,” kata Morgyn Clair, penulis Fit Healthy Momma dikutip dari Eat This.

4. Beri

Beri juga menjadi buah penurun kolesterol tinggi. Buah beri adalah beberapa buah terbaik untuk menurunkan kolesterol karena kandungan serat dan antioksidannya yang bermanfaat.

“Berry mengandung banyak sekali antioksidan,” kata Clair.

“Mereka membantu melindungi kolesterol LDL ‘jahat’ dari oksidasi dalam tubuh dan karenanya melindungi dari efek berbahayanya.”

5. Tomat

Kandungan vitamin A,B,C, dan K dianggap sebagai makanan ramah jantung yang bisa membantu mengatur tekanan darah dan juga menurunkan kolesterol dengan baik.

6. Pepaya

Pepaya mengandung serat yang membantu mengendalikan tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol.

7. Alpukat

Alpukat menjadi buah penurun kolesterol tinggi. Alpukat adalah salah satu buah yang paling direkomendasikan oleh dokter untuk mengelola kadar kolesterol. Mereka menjaga kesehatan, mengurangi risiko stroke dan mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL.

Sumber: Sehatqu.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.