Ini 7 Makanan yang Wajib Dimakan untuk Cegah Kanker Payudara

0
33
IIustrasi. Kacang Kenari, salah satu makanan untuk mencegah kanker payudara (Foto: Jpnn)

TNews, KESEHATAN – Nunung Srimulat baru saja didiagnosis menderita kanker payudara. Penyakit kronis ini memang banyak menyerang perempuan.

Kabar ini disampaikan Nunung dalam kanal YouTube milik Ruben Onsu. Diagnosis kanker payudara jelas membuat Nunung merasa sedih.

“Saya sedih, tapi saya enggak boleh marah. Saya cuma, ‘ya Allah, ujian apa lagi yang harus saya jalani?’. Tapi saya percaya, Allah memberikan yang terbaik buat saya,” ujar Nunung dalam video tersebut.

Sesuai namanya, kanker ini menyerang organ payudara pada perempuan. Namun, penyakit ini bisa dicegah, salah satunya dengan mengonsumsi makanan untuk mencegah kanker payudara berikut ini.

Berdasarkan catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada sekitar 7,8 juga perempuan di dunia yang didiagnosis kanker payudara hingga akhir 2020 lalu.

Banyak faktor yang menyebabkan kanker payudara. Sebut saja obesitas, kebiasaan konsumsi minuman beralkohol, riwayat kanker payudara dalam keluarga, merokok, hingga terapi hormon pascamenopause.

Makanan untuk mencegah kanker payudara

Menjalankan pola makan yang tepat adalah salah satu cara penting untuk menurunkan risiko kanker payudara seperti yang diidap Nunung Srimulat saatini.

American Cancer Society (ACS) merekomendasikan asupan seperti sayur, buah, dan biji-bijian untuk mencegah kanker payudara. Hindari juga konsumsi daging merah dan makanan olahan secara berlebih.

Berikut beberapa makanan untuk mencegah kanker payudara.

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung antioksidan karotenoid yang dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Sebuah analisis dari delapan studi menemukan, perempuan dengan kadar karotenoid yang lebih tinggi memiliki risiko kanker payudara yang lebih kecil daripada kelompok sebaliknya.

Sebuah studi pada tahun 2015 juga menemukan kadar karotenoid total dalam darah yang tinggi dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 18-28 persen, serta mencegah kematian akibat penyakit tersebut. Studi dilakukan pada lebih dari 32 ribu perempuan selama 20 tahun.

2. Sayuran silang

Sayuran silang seperti brokoli dan kembang kol baik dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara.

Sayuran silang mengandung senyawa glukosinolat, yang dapat diubah tubuh menjadi molekul isotiosianat. Nama terakhir disebut memiliki potensi antikanker yang signifikan.

3. Jeruk

Berbagai jenis buat sitrus seperti jeruk dan lemon juga perlu dimasukkan ke dalam asupan harian. Buah sitrus mengandung senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kanker payudara seperti folat, vitamin C, karotenoid, dan flavonoid.

4. Ikan kembung

Ikan berlemak seperti salmon dan kembung dikenal karena manfaat kesehatannya yang berjibun. Asam lemak omega-3, selenium, dan senyawa antioksidan di dalamnya menawarkan efek perlindungan terhadap kanker.

Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Sebuah tinjauan dari 21 studi menemukan bahwa tinggi asupan asam lemak omega-2 dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 14 persen.

5. Yogurt

Makanan fermentasi seperti yogurt mengandung probiotik dan nutrisi lain yang dapat melindungi tubuh dari kanker payudara.

Tinjauan terhadap 27 studi menemukan yogurt dan kefir efektif dalam menurunkan risiko kanker payudara pada populasi masyarakat Barat dan Asia.

6. Kunyit

Bukan rahasia lagi, kunyit memang punya beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mencegah kanker payudara.

Curcumin, senyawa aktif dalam kunyit, menunjukkan sifat antikanker yang signifikan.

7. Kacang kenari

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan kacang kenari ke dalam menu harian dapat membantu melindungi tubuh dari ancaman kanker payudara.

Studi pada 2015 yang melibatkan 201 peserta menemukan konsumsi kacang kenari dan almond dalam jumlah tinggi setiap pekan menurunkan risiko kanker payudara 2-3 kali lebih kecil.

Studi lain menemukan konsumsi 57 gram kenari setiap hari selama 2-3 pekan dapat mengubah tingkat gen tertentu yang mengontrol pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara.

Demikian beberapa makanan untuk mencegah kanker payudara seperti yang diidap Nunung Srimulat.

Sumber: Hellosehat.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.