Ini 7 Obat Demam Alami, Aman untuk Anak sampai Dewasa

0
20
ilustrasi demam ( foto : sehat )

TNews, KESEHATAN – Banyak orang buru-buru minum obat penurun demam ketika suhu tubuhnya naik.

Padahal, beberapa bahan dan cara alami bisa menjadi salah satu cara mengatasi demam di rumah.

Kenali beberapa obat demam alami untuk anak sampai dewasa berikut ini.

Obat demam alami: 

Ada beberapa obat demam alami untuk anak sampai dewasa yang praktis dijajal di rumah. Dilansir dari Prevention dan MedlinePlus, berikut beberapa di antaranya:

  • Banyak minum

Tubuh bakal banyak berkeringat saat demam. Proses alami ini bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh. Untuk melancarkan proses ini, upayakan banyak minum saat demam.

Selain sebagai penurun demam alami, banyak minum juga dapat mencegah dehidrasi. Jenis cairannya bisa air putih, wedang jahe, jus encer atau yang sudah diberi tambahan air, ASI, atau es jika mual. Hindari teh, kopi, cokelat, atau soda karena bisa memicu sering kencing.

  • Kompres hangat

Kompres hangat juga bisa membantu menurunkan demam pada anak-anak maupun orang dewasa.

Saat suhu tubuh meningkat, tempelkan kompres hangat ke bagian dahi, pergelangan tangan, betis, ketak, atau selangkangan.

Ingat, jangan menggunakan kompres yang terlalu panas ketika suhu demam lebih dari 39 derajat Celsius.

  • Mandi air hangat

Jika kondisi tubuh penderita demam memungkinkan, upayakan untuk mandi dengan air hangat.

Mandi air hangat bisa jadi obat demam alami karena membantu membuat otot rileks dan memenangkan tubuh.

Selain menjaga kebersihan tubuh yang penting saat sakit, mandi air hangat juga bisa menghilangkan stres dan memberikan energi tambahan agar tidak lemas.

  • Makanan tinggi vitamin C

Makanan tinggi vitamin C seperti jeruk, stroberi, pepaya, jambu, kiwi, lemon juga bisa jadi obat demam alami. Asupan tinggi vitamin C bisa memperkuat daya tahan tubuh, sehingga imun kuat melawan biang penyakit.

Tapi, hindari mengonsumsi makanan ini apabila gejala demam yang dirasakan disertai dengan diare atau gangguan pencernaan.

  • Sup atau makanan berkuah kaldu hangat

Aneka olahan sup atau makanan kuah berbasis kaldu yang hangat dan banyak diberi bumbu rempah-rempah juga bisa digunakan untuk obat demam alami.

Cairan ini bisa membantu hidrasi tubuh saat demam. Sup hangat juga bisa membuat tubuh berkeringat sehingga suhu tubuh bisa cepat turun.

Selain kuah, isi sup yang bergizi tinggi juga dapat menambah asupan energi yang penting untuk melawan penyakit dan menurunkan demam.

  • Pakaian longgar dan nyaman

Selain asupan, perhatikan juga pakaian saat demam. Banyak orang yang justru menggunakan selimut tebal atau pakaian berlapis-lapis saat demam. Hal itu keliru.

Agar suhu demam lekas turun, gunakan pakaian yang longgar, nyaman, dan bisa menyerap keringat. Segera ganti pakaian dengan yang bersih ketika pakaian yang dikenakan sudah lembap terkena keringat.

  • Istirahat

Istirahat adalah obat demam alami yang penting dan kerap dilupakan. Orang yang sedang demam dianjurkan istirahat agar sumber energi, oksigen, dan cairan dapat sepenuhnya digunakan untuk fokus menurunkan demam.

Jika orang yang sedang demam beraktivitas atau banyak gerak, tubuh bisa stres, gejala sakit semakin parah, dan demam tak kunjung turun.

Umumnya, beberapa obat demam alami di atas bisa membantu mengatasi demam pada anak sampai dewasa.

Tapi, Anda perlu waspada dan segera membawa penderita ke dokter jika suhu demam sangat tinggi, demam lebih dari tiga hari, atau disertai gejala lain (sakit kepala parah, ruam, muntah dan diare parah, nyeri dada, kejang).

Sumber: kompashealth.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.