Ini 8 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan, Cegah Dehidrasi hingga Penyakit Jantung

0
14
Ilustrasi. Buah Lontar (Foto: Orami)

TNews, KESEHATAN – Orang Indonesia tentu sudah tak asing dengan buah lontar yang sering dijual oleh pedagang keliling. Tak hanya menyegarkan, buah lontar rupanya menyimpan segudang manfaat dan khasiat untuk tubuh.

Apa saja manfaat buah lontar untuk kesehatan?

Buah lontar atau yang disebut dengan nama latinnya Borassus flabellifer ini memiliki tekstur serupa dengan kolang kaling. Teksturnya lunak, bening, dan tinggi kandungan air.

Selain memiliki rasa yang enak dan segar, buah lontar juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sebut saja vitamin B, vitamin C, zat besi, zinc, kalium, kalsium, fosfor, tiamin, dan riboflavin. Masyarakat juga percaya bahwa lontar merupakan bahan pengobatan alami untuk berbagai macam penyakit.

Berikut beberapa manfaat mengejutkan dari buah lontar untuk kesehatan tubuh.

1. Meredakan masalah pencernaan

Buah lontar adalah obat alami untuk beberapa gangguan pencernaan. Melansir Health Benefits Times, buah lontar membantu menghilangkan sembelit dan meningkatkan pergerakan usus yang normal. Buah ini juga membantu mencegah keasaman dan sakit maag.

2. Meredakan masalah kulit

Buah lontar juga diketahui merupakan obat yang sangat baik untuk beberapa masalah kulit umum yang muncul selama musim panas seperti biang keringat.

Mengoleskan daging buah lontar pada area kulit yang bermasalah dapat memberikan efek menenangkan. Cara ini juga membantu menghilangkan rasa gatal yang terkait dengan masalah kulit akibat suhu panas.

Sifat anti-inflamasi dari buah lontar sangat membantu dalam mengobati kemerahan pada kulit akibat panas yang menyengat.

Selain itu, tuam yang terbuat dari buah lontar ternyata efektif untuk mengobati dermatitis.

3. Menyejukkan tubuh

Buah lontar adalah pendingin alami dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk selama cuaca panas. Buah ini tentu juga membantu mencegah sejumlah masalah terkait panas seperti biang keringat, dehidrasi, kulit kering, gagal ginjal, dan rambut rontok.

Tidak hanya menghidrasi tubuh, buah lontar juga membantu menggantikan nutrisi dan elektrolit yang hilang akibat produksi keringat berlebih.

4. Membantu menurunkan berat badan

Daging buah lontar dikenal rendah kalori yang bermanfaat bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Buah ini kaya akan kandungan air yang membantu menjaga Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lama.

5. Menyembuhkan migrain

Migrain merupakan sakit kepala yang terasa berdenyut dan biasanya terjadi pada salah satu sisi kepala. Kandungan obat alami pada lontar dapat membantu mengurangi migrain.

6. Mencegah penyakit diabetes

Dikarenakan indeks glikemiknya yang rendah, buah ini bisa menjadi pengganti gula buatan yang sehat sehingga membantu mencegah timbulnya diabetes.

Konsumsi gula lontar telah dilaporkan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Namun, pasien diabetes tetap harus menghindari konsumsi gula lontar terlalu banyak.

7. Obat rumahan untuk banyak penyakit

Buah lontar memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Daging buah ini diketahui dapat membantu menyembuhkan radang kulit. Buah ini juga bisa digunakan untuk mengobati mual dan muntah serta infeksi cacing.

Tak hanya itu, buah lontar juga digunakan sebagai ekspektoran dan sebagai tonik hati.

8. Mengurangi risiko penyakit kronis

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat pada buah lontar dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Demikian beberapa manfaat buah lontar untuk kesehatan. Anda bisa mencobanya agar badan tetap segar

Sumber: CNNindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.