Ini Bahaya Bagi Pria Sering Gunakan Tisu Magic

0
52
ilustrasi

TNews, SEHAT – Sebagian pria menggunakan tisu magic untuk mengatasi keluhan ejakulasi dini yang dialami mereka saat berhubungan seksual.

Tisu magic atau premature ejaculation wipes adalah tisu basah sekali pakai yang mengandung zat benzokain untuk digunakan pada alat kelamin pria.

Sebagai kandungan utama tisu magic, benzokain memberikan efek anestesi lokal sehingga penis menjadi kebas dan ejakulasi bisa lebih lama (tertunda). Efek ini merupakan alasan digunakannya tisu magic.

Efek yang diberikan oleh tisu magic hanya bersifat lokal, artinya yang akan merasakan sensasi kebas adalah bagian yang dioleskan saja yaitu alat kelamin pria. Berikut beberapa efek samping lokal bisa saja muncul, yaitu:

Perih

Rasa terbakar

Gatal

Nyeri atau kemerahan

Iritasi (kulit mengelupas)

Namun, ada hal yang harus diwaspadai dari penggunaan tisu magic ini. Terdapat risiko penyerapan kandungan benzocaine yang terdapat dalam tisu magic masuk ke sistem peredarah darah sehingga menghasilkan efek samping yang bersifat sistemik.

penggunaan anestesi lokal benzokain (kandungan utama tisu magic) harus segera dihentikan dan melakukan konsultasi dengan dokter jika mengalami efek samping serius berikut ini:

Sakit kepala

Kelemahan

Pusing

Bermasalah dalam bernapas

Detak jantung lebih cepat

Kulit berwarna abu-abu atau kebiruan

Rasa terbakar atau menyengat yang parah di area yang dioleskan

Melepuh atau tanda terjadi infeksi

Selain itu, jumlah atau dosis benzokain yang terkandung di dalam tisu magic juga harus diperhatikan. Jika terjadi overdosis benzokain lokal akan bisa mengakibatkan efek samping yang mengancam jiwa seperti detak jantung tidak teratur, kejang, koma, hingga gagal napas.

Sejauh ini, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan tisu magic dengan kandungan 4 persen benzocaine dapat mengurangi gejala ejakulasi dini pada pria.

Maka dari itu, untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, disarankan untuk membeli tisu magic di tempat yang resmi seperti apotek yang sudah terdaftar di BPOM.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.