Ini Cara Mudah Atasi Infeksi Saluran Kemih

0
86
Ilustrasi

TNews, SEHAT – Jus cranberry bisa ditemukan dengan mudah di toko swalayan Indonesia karena dijual dalam bentuk kemasan. Buah ini memiliki warna merah dan rasa yang sedikit pahit serta asam.

Salah satu manfaat jus cranberry mampu menyembuhkan infeksi saluran kemih (ISK) pada perempuan. Infeksi saluran kemih sering terjadi pada perempuan karena adanya bakteri yang bersentuhan dengan uretra dan masuk ke kandung kemih, sehingga ini bisa menyebabkan infeksi dan juga peradangan.

Selain itu, infeksi saluran kemih menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil yang jadi gejala utama pada infeksi saluran kemih.

Apakah jus cranberry bisa mencegah infeksi saluran kemih?

jus cranberry telah lama menjadi obat tradisional yang populer untuk mengobati atau mencegah infeksi saluran kemih (ISK).

Kondisi ini terjadi ketika bakteri seperti Escherichia coli atau E.coli yang masuk dan tumbuh di saluran kemih, uretra, atau ginjal. Gejala ISK ringan termasuk rasa sakit, sensasi terbakar saat buang air kecil, sementara ISK yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi ginjal.

Perawatan yang paling umum untuk ISK adalah antibiotik, meskipun antibiotik ini mungkin memiliki efek samping jangka panjang dan membunuh beberapa bakteri baik di usus. Karena itu, banyak orang tertarik untuk mencegah infeksi ini sejak awal.

Maka dari itu, jus cranberry mampu mencegah infeksi saluran kemih, jus ini juga mengandung antioksidan termasuk polifenol yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Bila ingin menggunakan produk cranberry untuk mencegah ISK, mungkin terbilang cukup mahal. Tapi jika ingin mencoba jus ini, ada baiknya konsumsi jus cranberry murni tanpa pemanis buatan seperti koktail. Sebab koktail cranberry tidak dapat mencegah infeksi saluran kemih.

Walau jus cranberry dianggap bermanfaat untuk mencegah penyakit ISK, sebagian besar penelitian belum punya bukti kuat untuk membenarkan manfaat buah cranberry yang mampu mencegah ISK tersebut.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.