Ini Dia 7 Manfaat Gurita untuk Kesehatan Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

0
47
Ilustrarsi: Ini Dia 7 Manfaat Gurita untuk Kesehatan Tubuh yang Belum Banyak Diketahui.

TNews, KESEHATAN – Gurita, atau octopus, seringkali dianggap sebagai hidangan lezat di restoran-restoran Asia dan Eropa. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa gurita juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Jarang yang tahu di balik rasanya yang enak,  gurita juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Di antaranya adalah protein, karbohidrat, zat besi, omega 3, omega 6, kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, selenium, vitamin A, vitamin E, dan niasin.

Selain itu, daging hewan laut ini juga memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi, yang berguna untuk menangkal serangan-serangan radikal bebas pemicu berbagai penyakit kronis.

Beragam Manfaat Daging Gurita

Sebelum menyantap lezatnya daging gurita, Berikut adalah 7 manfaat gurita yang mungkin belum Kamu ketahui.

  1. Baik untuk jantung

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada hewan laut seperti gurita dan cumi-cumi, mampu memenuhi kebutuhan docosahexaenoic acid (DHA) harian sebanyak 500 miligram.

Selain itu, kandungan omega 6-nya juga mampu memberikan perlindungan yang baik bagi tubuh. Hal ini termasuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, serta sel-sel saraf otak.

  1. Membantu mengatasi anemia

Daging hewan moluska ini mampu merangsang produktivitas sel-sel darah merah. Hal ini berkat kandungan vitamin B12 cukup tinggi daripada makanan laut lainnya.

Vitamin B12 adalah zat yang berperan dalam proses pembentukan sel-sel darah merah. Dengan begitu, tubuh dapat terhindar dari anemia. Selain membantu pembentukan darah, vitamin B12 juga dapat menjaga kesehatan sistem saraf.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Nutrisi seperti flavonoid, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, dan thiamin adalah zat penting yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, nutrisi-nutrisi tersebut terdapat dalam daging gurita.

Flavonoid dan teman-temannya dapat mengoptimalkan kinerja sel darah putih. Tubuh jadi terlindungi dari radikal bebas, virus, bakteri, kuman, dan mikroba berbahaya lain.

  1. Menutrisi kulit

Kombinasi antara omega 3, magnesium, fosfor, dan protein dalam daging gurita mencegah risiko penuaan dini. Selain itu, zat-zat tadi juga bisa menjaga tingkat keasaman kulit menjadi lebih sehat, dan mengendalikan produksi minyak berlebih. Kulit pun tampak sehat dan mendapat nutrisi dari dalam.

  1. Mencerdaskan otak

Daging octopus ini adalah jenis makanan sehat yang baik untuk kesehatan anak. Kandungan omega 3 dan zat besi dapat merawat kesehatan saraf otak anak.

Asupan daging gurita dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, sehingga anak lebih mudah menyerap informasi selama dalam proses belajar. Tidak hanya itu, untuk orang dewasa, kombinasi nutrisi tadi juga efektif mencegah gangguan mental dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

  1. Meningkatkan stamina

Bagi pria yang ingin meningkatkan stamina, khususnya terkait vitalitas seksual, direkomendasikan untuk mengonsumsi daging gurita. Sebab, kandungan omega-3, zink, dan selenium di dalamnya dapat meningkatkan gairah dan stamina.

  1. Meredakan depresi

Apa hubungannya asupan daging gurita dengan depresi? Ternyata, dua dari asam lemak omega-3 yang terkandung pada gurita, diyakini dapat mencegah depresi dan menangani gangguan mood. Kedua asam tersebut adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan DHA

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Harvard Health Publishing, disebutkan kalau EPA dan DHA dapat menurunkan depresi. Salah satu upaya penanganan orang dengan gangguan depresi adalah melalui pengobatan EPA.*

Sumber: halodoc.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.