Ini Efek Samping yang Dialami Warga AS Usai Disuntik Vaksin Corona

0
338

TNews, SEHAT – Dr Anthony Fauci, pakar kesehatan penyakit menular dari Amerika Serikat (AS) yang juga menjabat sebagai Director of the National Institute to Allergy and Infectious Diseases (NIAID), bersama dengan hampir 2 juta penduduk AS telah disuntik vaksin Corona buatan Pfizer-BioNTech dan Moderna pada minggu lalu.

Seperti kebanyakan orang yang disuntik vaksin Corona, Fauci mengatakan bahwa satu-satunya efek samping yang dirasakan adalah lengan terasa sakit.

“Satu-satunya hal yang saya rasakan, mungkin 6-10 jam setelah divaksin, saya merasa sedikit sakit di lengan dan mungkin masih terasa hingga 24 jam,” kata Fauci, dikutip dari BGR.

Dijelaskan pula, kata Fauci, ia tak mengalami efek samping lain yang mengganggu usai disuntik vaksin Corona.

Selain itu, dikatakan bahwa tidak ada efek samping serius yang terjadi selama uji klinis vaksin Corona berlangsung. Jika relawan melaporkan gejala seperti sakit kepala atau nyeri otot usai disuntik vaksin, gejala tersebut biasanya akan hilang dalam 24 jam.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa ada laporan penerima vaksin Corona mengalami reaksi alergi yang parah. Namun, indikasi awal menunjukkan bahwa individu tersebut cenderung memiliki riwayat alergi parah.

Misalnya, Dr Hossein Sadrzadeh, yang memiliki riwayat alergi parah terhadap kerang, mengatakan kepada The New York Times bahwa tekanan darahnya naik dan ia mengalami syok anafilaksis setelah disuntik vaksin Corona.

Namun, menurut laporan, kondisi Sadrzadeh saat ini sudah baik-baik saja.

Meski begitu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) masih menyarankan orang dengan alergi yang tidak terlalu parah untuk mendapatkan vaksin Corona.

Mereka yang memiliki riwayat alergi akan diminta menunggu selama 15 menit usai disuntik vaksin Corona untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.