Ini Hal Yang Wajib Dilakukan Usai Bersetubuh

0
50
Ilustrasi Berhubungan Seks. Foto (detik.com)

TNews, SEHAT – Kebersihan diri, baik sebelum maupun sesudah bercinta, sama pentingnya. Sebaiknya, jangan buru-buru tidur sebelum melakukan beberapa kebiasaan sehat usai bercinta.

Dokter Nosipho Mazizi menyarankan para pasangan agar mewaspadai bakteri yang mudah menyebar dari area anus, mulut, tangan, sampai pelumas.

Sangat baik memastikan tangan dan tubuh bersih jelang bercinta. Namun, hal ini cukup sulit karena seks bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Oleh karenanya, pastikan Anda dan pasangan melakukan kebiasaan sehat usai bercinta agar tubuh jauh dari infeksi bakteri.

  1. Buang air kecil

Buang air kecil setelah berhubungan seks. Buang semua cairan di kemih untuk membilas bakteri penyebab infeksi saluran kencing.

Buang air kecil juga mengeluarkan sperma yang ‘tersesat’. Tak perlu khawatir, cara ini tidak menghilangkan peluang kehamilan.

Hubungan seks mampu meningkatkan risiko infeksi saluran kemih sebab bakteri bisa naik sampai ke uretra.

Jika tak ada dorongan untuk buang air kecil, Anda disarankan untuk minum air putih. Cara ini membantu menimbulkan dorongan untuk buang air kecil.

  1. Bersih-bersih area genital

Dokter Siyanda Ndawo mengingatkan untuk membersihkan area genital usai bercinta. Anda tak perlu menggunakan sabun khusus sebab vagina punya mekanisme ‘membersihkan diri’ dengan baik.

“Mencuci vagina atau penis cukup dengan air, tidak perlu menggunakan sabun,” kata Ndawo.

  1. Pakai baju bersih

Jika memungkinkan, justru Anda disarankan untuk mandi setelah bercinta. Setelahnya, kenakan baju tidur yang bersih.

Pastikan Anda mengenakan pakaian dalam bersih dengan material katun. Katun akan membuat vagina bernapas bebas. Tapi, Anda juga boleh jika tak ingin mengenakan celana dalam saat tidur.

  1. Buang kondom dan bersihkan sex toys

Kondom bekas harus dibuang, tetapi bukan disiram ke lubang toilet. Tindakan ini hanya akan menyumbat toilet. Sebaiknya, ikat kondom lalu buang ke tempat sampah.

Sementara untuk sex toys, cuci terlebih dahulu sebelum disimpan. Biasanya sex toys terbuat dari material yang aman saat dibersihkan dengan air dan sabun.

Namun, Anda perlu memahami cara membersihkan sex toys, sebab ada mainan yang cukup dibersihkan dengan tisu antiseptik.

 

Sumber : cnnindonesia

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.