Ini Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

0
837

TNews, KESEHATAN – Bila dilihat dari kandungan nutrisi wortel, Anda pasti sudah bisa menebak jika umbi ini memiliki manfaat yang melimpah. Apa saja? Berikut manfaat dari tumbuhan bernama cantik Daucus carota yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

  1. Berpotensi mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan. Hampir semua bagian tubuh Anda bisa terkena kanker, mulai dari bagian terluar yaitu kulit hingga organ dalam, seperti hati. Penyakit ini menyebabkan sel sehat menjadi tumbuh dan berkembang secara tidak normal. Seiring waktu dapat menyebar jaringan sehat lainnya, hingga bermetastasis ke bagian tulang, paru, dan otak Anda.

Berdasarkan banyak studi, kandungan nutrisi wortel dapat melindungi Anda dari kanker. Salah satunya karena umbi ini memiliki antioksidan di dalamnya. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan adanya potensi wortel untuk mencegah berbagai jenis kanker, seperti:

Kanker paru

Sebuah studi melaporkan bahwa adanya manfaat beta karoten yang ada pada wortel dengan pengembangan risiko kanker paru. Antioksidan ini disebut mampu mencegah terbentuknya kanker di paru. Hanya saja bukan dalam bentuk suplemen, melainkan dari sayur dan buah, contohnya wortel.

Ini akan semakin efektif jika orang yang berisiko juga menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi paparan zat kimia yang mengiritasi paru-paru, dan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat lagi.

Kanker darah (leukimia)

Selain memiliki manfaat untuk mencegah kanker paru-paru, penelitian juga melaporkan potensi wortel dalam mencegah penyakit kanker darah. Wortel yang mengandung agen, seperti beta karoten dan poliasetil dapat dijadikan sumber bahan kimia bioaktif yang sangat baik untuk pengobatan leukemia.

Kanker usus

Sebuah studi yang diterbitkan pada The American Journal of Clinical Nutrition melaporkan manfaat wortel. Kandungan beta karoten, likopen, dan antioksidan lain yang juga ada pada bayam, brokoli, atau dan selada ini dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung

Wortel mengandung serat, kalium, dan lengkap dengan antioksidan seperti lycopene. Nah, kedua nutrisi ini dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, wortel juga tidak mengandung kolesterol jahat yang baik untuk pembuluh darah.

Manfaat wortel ini akan didapatkan jika Anda mengonsumsi wortel dan sayuran serta buah lainnya yang masih segar, bukan yang sudah dikemas (sayur atau buah kaleng). Bila tekanan darah Anda tetap terjaga, itu artinya Anda terhindar dari hipertensi dan penyakit jantung.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Gigi berlubang merupakan keluhan yang paling umum dirasakan banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kondisi ini terjadi karena gigi dipenuhi plak sehingga jadi mudah rapuh. Untuk itu, Anda perlu menjaga kebersihan gigi supaya tetap sehat.

Selain menggosok gigi, makan sayuran tertentu ternyata juga dapat melindungi gigi. Mengunyah wortel, seledri, dan sayuran berserat dan kuat lainnya ternyata dapat merangsang otot gusi jadi lebih kuat. Hal ini juga membantu produksi air liur jadi lebih banyak sehingga dapat membersihkan mulut dari sisa makanan yang menempel. Wortel juga mengandung beta karoten yang diperlukan untuk membangun gigi yang kuat.

  1. Menjaga kesehatan mata

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Maka dari itu, banyak orangtua yang sengaja mengenalkan makanan ini pada anak saat usianya masih kecil.  Manfaat wortel ini dapat membantu mencegah gangguan pada mata, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan refraksi (miopi, astigmatisme dan hipermetropi).

Masalah pada mata memang tidak menyebabkan kematian. Namun, bisa membuat kualitas hidup seseorang jadi menurun dan tentunya berisiko juga menyebabkan kecelakaan yang berakhir dengan kematian.

5. Menjaga kesehatan otak

Semakin bertambah tua, kemampuan dan fungsi otak akan mengalami penurunan. Itulah sebabnya banyak orang dewasa dan orangtua yang mudah sekali lupa dan lambat dalam mempelajari hal baru. Salah satu masalah pada otak yang rentan menyerang lansia adalah demensia.

Penyakit ini disebabkan oleh stres oksidatif yang menyebabkan sel otak dan saraf tidak dapat beregenerasi dengan baik. Nah, wortel yang mengandung beta karoten dipercaya dapat menurunkan stres oksidatif. Meski dalam jumlah kecil, ini membuktikan bahwa wortel dapat menjaga fungsi otak.

6. Antipenuaan dan meningkatkan kesehatan kulit

Radikal bebas bisa menyebabkan peradangan dan menciptakan kerutan dan bintik hitam di wajah. Jika Anda terus terpapar, penuaan bisa terjadi lebih cepat. Selain menggunakan produk pelindung kulit dari paparan sinar UV, Anda bisa memperlambat penuaan di kulit dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Makanan yang mengandung antioksidan, seperti karotenoid dan polifenol pada wortel misalnya. Umbi yang mudah diolah menjadi berbagai menu ini ternyata bisa membuat kulit Anda tetap muda.

Selain menjaga kesehatan kulit, wortel juga memiliki manfaat yang baik untuk orang dengan penyakit kulit. Mengonsumsi jus wortel secara rutin bagi orang dengan eksim atau psoriasis dapat meningkatkan penampilan kulit jadi lebih baik.

Kandungan antioksidan sekaligus vitamin C memiliki sifat antiradang yang bisa mempercepat proses penyembuhan. Ini membantu kulit jadi lebih cepat sembuh dari luka luar dan trauma.

7. Meningkatkan sistem imun

Lemahnya sistem imun membuat Anda rentan terkena berbagai infeksi, misalnya flu dan pilek. Meski bukan termasuk penyakit yang berbahaya, flu dan pilek bisa melumpuhkan aktivitas Anda jika gejala yang Anda alami cukup parah. Biasanya, Anda harus rehat selama satu atau dua hari di rumah supaya sistem imun kembali jadi kuat untuk melawan infeksi.

Wortel bukan hanya dikenal dengan vitamin A saja, tapi juga vitamin C. Jika Anda termasuk orang yang mudah tertular dengan flu atau pilek, sebaiknya perbanyak makan wortel. Vitamin C dari wortel dapat mendukung sistem imun jadi lebih kuat.

8. Meningkatkan sistem metabolisme

Jika Anda sedang melakukan diet, minum jus wortel bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Jus wortel terasa manis, namun rendah kalori. Rasanya yang manis ini bisa menggantikan soda atau minuman manis lainnya yang sering Anda minum.

Jus wortel diketahui dapat meningkatkan sekresi empedu. Itu artinya metabolisme akan meningkat karena tubuh harus mengubah makanan menjadi energi. Ini bisa mengisi perut Anda yang kosong dan memberi Anda energi meski tidak makan.

 

Sumber : hellosehat.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.