Ini Waktu Yang Tepat Untuk Sarapan

0
40

TNews, KESEHATAN – Sarapan menjadi salah satu waktu makan yang paling penting, untuk memberikan asupan energi yang cukup bagi aktivitas sehari-hari. Tak cuma menunjang fungsi otak dan tubuh, sarapan juga bisa membantu menurunkan berat badan, lho.Beberapa penelitian menunjukkan, orang-orang yang terbiasa sarapan cenderung punya berat badan yang lebih rendah dibanding mereka yang tak pernah makan pagi. Menyantap menu makanan yang tepat saat sarapan, juga bisa membuat kita tak cepat lapar sepanjang hari.

Nah, ternyata, waktu kita mengonsumsi sarapan juga bisa membuat diet makin efektif. Menurut kepala ahli gizi, Ms. Pavithra N Raj seperti dikutip dari NDTV, waktu sarapan terbaik adalah di antara jam 07.00-09.00.

Namun, karena waktu terakhir makan tiap orang berbeda-beda, sehingga disarankan untuk mengonsumsi sarapan dua jam setelah bangun tidur.

“Sarapan berarti menyetop puasa selama 10 jam. Artinya, bila seseorang makan malam pada pukul 20.00, dia akan makan kembali 10-12 jam setelahnya, yakni pada pukul 08.00,” jelasnya.Semakin cepat kita melakukan sarapan usai bangun tidur, metabolisme tubuh akan semakin baik. Menyantap sarapan sebagai asupan makanan pertama di pagi hari akan mengurangi rasa lapar dan mencegah kalap, serta mencegah beberapa penyakit.Jangan lupa, jenis menu sarapan yang kita santap juga tak kalah penting. Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menyebutkan, mengonsumsi lebih banyak serat dapat mencegah naiknya berat badan, bahkan mendorong penurunan berat badan.

Makanan yang tinggi nutrisi juga sangat baik untuk menurunkan berat badan, karena bisa mengurangi risiko menumpuknya lemak dalam tubuh. Protein juga bisa membuatmu merasa kenyang sepanjang hari, serta tetap berenergi.

Kendati jenis makanan yang disantap bisa berefek menurunkan berat badan, namun usahakan tetap melakukan olahraga teratur. Kombinasi menu makanan sehat dan olahraga, tentunya akan membuat dietmu semakin lancar.

 

Sumber : Kumparan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.