Ini Yang Akan Dilakukan WHO agar Dunia Siap Hadapi Pandemi

0
150
Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (foto google)

TNews, SEHAT – Dalam pertemuan dengan para menteri kesehatan negara anggota G20, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta dukungan penguatan kerja sama global. WHO berharap ke depannya agar dunia bisa lebih siap dalam menghadapi pandemi.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan dunia memiliki target memvaksinasi setidaknya 10 persen populasi terhadap COVID-19 pada akhir bulan September, 40 persen populasi pada akhir 2021, dan 70 persen populasi pada pertengahan 2022. Tantangannya selama ini adalah karena banyak negara mementingkan suplai vaksinnya sendiri, membuat negara lain tidak kebagian.

“Kita masih bisa meraih target ini, tapi hanya dengan komitmen dari para negara G20. Sebagai negara yang memproduksi, mengonsumsi, dan penyumbang vaksin COVID-19 terbesar dunia, Anda adalah pemegang kunci distribusi vaksin yang merata untuk mengakhiri pandemi,” kata Tedros seperti dikutip dari situs WHO pada Senin (6/9/2021).

WHO meminta agar para negara G20 menyumbangkan dosis vaksinnya pada COVAX dan turut membantu produksi vaksin di wilayah yang membutuhkan. Hal ini bisa diraih dengan memfasilitasi transfer teknologi dan memberi lisensi produksi vaksin.

Para negara G20 juga diharapkan bisa berkontribusi dengan mendukung perjanjian, program, atau gerakan internasional terkait kesiapan dan respons pandemi.

“Kita tidak boleh membiarkan pandemi yang seperti ini terjadi lagi,” ungkap Tedros.

Tedros menjelaskan WHO baru-baru ini telah membuka lembaga baru sebagai pusat riset dan informasi yang bertugas mengawasi ancaman pandemi.

 

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.