Ini Yang Terjadi Jika Kelebihan Vitamin D

0
59
ilustrasi

TNews, SEHAT – Vitamin punya peran penting untuk tubuh, termasuk vitamin D. Namun, Anda perlu mewaspadai bahaya kelebihan vitamin D yang bisa menimbulkan efek samping.

Salah satu efek samping yang bisa ditimbulkan akibat asupan vitamin D berlebih adalah ataksia, sebagai salah satu gangguan neurologis.

Dokter spesialis saraf yang juga merupakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia cabang Jakarta Pusat, Haznim Fadhli mengatakan bahwa meski terbilang jarang, namun ataksia akibat kelebihan vitamin D perlu diwaspadai.

Toksisitas atau racun yang muncul karena kelebihan vitamin D biasanya terjadi pada mereka yang mengonsumsi suplemen, bukan sayuran atau buah-buahan.

“Kalau dari makanan seperti buah dan sayur atau sinar matahari jarang sekali ada efek samping. Saat konsumsi suplemen, sebenarnya kita juga mendapat vitamin D dari makanan dan sayur yang dikonsumsi, makanya bisa kelebihan,” kata dia.

Ataksia, kata Haznim, adalah gangguan neurologis yang membuat penderitanya kesulitan mengendalikan gerak tubuh sendiri. Kondisi ini biasanya membuat seseorang kesulitan berbicara, menggerakkan mata, berjalan atau mengambil benda tertentu.

“Biasanya ini terjadi tiba-tiba karena ada masalah pada otak dan sistem keseimbangan serta koordinasi di tubuhnya,” kata dia.

Untuk itu, jika ataksia dideteksi terjadi akibat kelebihan asupan vitamin D, maka Anda disarankan untuk mengoreksi jumlah asupan vitamin tersebut.

Misalnya, kata Haznim, alih-alih menyerap vitamin D untuk tubuh melalui suplemen, lebih baik jika Anda mendapatkannya dari sayur dan buah. Selain lebih sehat, ini juga bisa meminimalisir tubuh kelebihan vitamin D.

Selain ataksia, bahaya kelebihan vitamin D juga bisa memicu sejumlah gangguan saraf lain seperti gangguan konsentrasi, kebingungan, apati, hingga koma.

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.