Irma Ajak Peserta JKN, Gunakan KTP dalam Mengakses Layanan Kesehatan

0
101
Gambar : Irma Maria Mote (36) peserta JKN pada segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN).

TNews, DEIYAI – Hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan yang bermutu dan menyeluruh kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang, usia, suku, agama, dan status kesehatan.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN, BPJS Kesehatan menghadirkan layanan BPJS Keliling yang sebelumnya dikenal dengan Mobile Customer Service (MCS) kepada masyarakat dengan datang langsung ke berbagai lokasi keramaian maupun yang sulit diakses.

BPJS Keliling bertujuan menangani administrasi kepesertaan diantaranya perubahan data, perubahan kelas, dan pemberian informasi Program JKN dengan layanan jemput bola yang diatur secara terjadwal pada lokasi strategis pelayanan publik.

Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) menjadi salah satu tempat yang dituju oleh Petugas BPJS Kesehatan di Kabupaten Deiyai. Antusias warga yang tinggal di sekitar BKAD sangat tinggi dengan hadirnya layanan BPJS Keliling. Hal ini tampak jelas dari hadirnya warga yang ikut mengantri dalam pelayanan, sebagian besar dari masyarakat mengaku sangat terbantu karena tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Hal itu dirasakan Irma Maria Mote (36) yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN pada segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) dalam mendapatkan kemudahan hadirnya BPJS Keliling di kantor BKAD.

“Saya mendapatkan informasi ada layanan BPJS Keliling dan kebetulan Saya tertarik ingin menanyakan informasi terkait penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) dalam mengakses layanan kesehatan, karena Saya pernah berkunjung ke puskesmas dan kebetulan kartu fisik Saya hilang dan ternyata Saya hanya diminta menunjukkan KTP dan setelah dicek status kepesertaan Saya aktif langsung dilayani,” awal ceritanya.

Dibenarkan oleh petugas, Irma sangat mengapresiasi atas inovasi dari BPJS Kesehatan saat ini, selain itu petugas juga menjelaskan bahwa penggunaan KIS Fisik sudah ditiadakan dan telah disediakan KIS Digital pada Aplikasi Mobile JKN.

“Sekarang jauh lebih bagus ya, mudah juga. Kartu tidak perlu banyak-banyak lagi dalam tas karena KTP sudah sebagai identitas penduduk dan bisa juga digunakan untuk berobat. Ditambah lagi ada Aplikasi Mobile JKN yang ternyata banyak fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan, Saya secara pribadi sangat berterima kasih atas kemudahan-kemudahan yang diberikan kepada kami mulai dari hal administrasi hingga dalam mengakses layanan kesehatan. Ayo kita semua manfaatkan kemudahan-kemudahan yang diberikan,” ucap Irma.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Indra Bayu menjelaskan antusias dan respon positif semacam ini yang membuatnya semakin bersemangat untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta Program JKN.

“Hingga saat ini BPJS Keliling masih menjadi inovasi andalan dalam pelayanan BPJS Kesehatan agar mampu mencapai hingga ke daerah-daerah terjauh dari lokasi Kantor Cabang maupun Kantor Kabupaten, kami juga selalu berupaya memberikan informasi terkait penggunaan NIK yang terdapat pada KTP atau KK kepada peserta JKN untuk mengakses layanan Kesehatan,” ujar Bayu.

Lebih lanjut, Bayu menyebut untuk memastikan penyebaran informasi dan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik, pihaknya terus menjadwalkan layanan BPJS Keliling secara rutin ke desa-desa maupun kecamatan bahkan ke instansi-instansi yang ada di wilayah kerja Kantor Cabang Biak Numfor.

“BPJS Keliling ini akan terus kami jalankan dengan jadwal yang telah tersusun setiap bulannya, termasuk kami sampaikan kepada seluruh perangkat desa, kecamatan hingga Bupati bahwa apabila ada daerah yang memerlukan layanan kami dapat disampaikan untuk selanjutnya kami jadwalkan pemberian pelayanan ke daerah tersebut,” tutup Bayu.*

Reporter : Vhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.