Jalan Kaki 45 Menit Bantu Turunkan Berat Badan

0
223
ilustrasi

TNews, SEHAT – Berjalan kaki selama 45 menit diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat jalan kaki 45 menit untuk diet didapat dari kemampuannya membakar banyak kalori.

Berjalan kaki menjadi salah satu pilihan aktivitas fisik atau olahraga yang paling sederhana bagi Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Aktivitas ini bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Sekadar mengelilingi area komplek rumah pun cukup.

Jalan kaki punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik fisik maupun psikis.

Kalori yang Dibakar saat Berjalan Kaki 45 Menit

Berjalan kaki menjadi cara tepat untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Kalori yang terbakar selama 45 menit pada dasarnya akan bervariasi pada masing-masing orang. Melansir Live Strong, jumlah kalori yang terbakar akan bergantung pada berat badan dan intensitas berjalan. Gunakan berat badan Anda saat ini untuk menghitung berapa banyak kalori yang terbakar.

Pada kecepatan 4 mph atau sekitar 6 km/jam, kalori umumnya akan terbakar cukup maksimal.

Sebagai contoh, seseorang dengan berat badan sekitar 73 kilogram dapat membakar 243 kalori saat berjalan kaki selama 45 menit dengan kecepatan 6 km/jam. Angka kalori yang terbakar akan menurun pada orang dengan berat badan yang lebih rendah.

Misalnya saja, pada orang dengan berat badan 50 kilogram, yang hanya mampu membakar 162 kalori selama 45 menit berjalan kaki dengan kecepatan yang sama.

Manfaat berjalan kaki 45 menit untuk diet memang didapat dari kemampuannya membakar kalori. Anda bisa menghitung pembakaran kalori di sini.

Jika ingin menurunkan berat badan, Anda perlu membakar sekitar 3.500 kalori untuk menghilangkan sekitar 500 gram lemak. Berjalan kaki 45 menit sehari akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Namun, jika menginginkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa meningkatkan intensitas berjalan kaki.

Berjalan kaki di tanjakan atau menambahkan sedikit aktivitas lari kecil dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dalam durasi yang sama, sekitar 45 menit.

Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan

Selain membakar kalori, berjalan kaki 45 menit juga menawarkan beberapa manfaat lain. Berjalan kaki membantu menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah agar berfungsi dengan lebih maksimal.

Dengan berjalan kaki, jantung akan lebih mampu memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh, memberi Anda stamina yang lebih besar. Tekanan darah yang stabil juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Tak hanya itu, berjalan kaki juga disebut dapat memperbaiki suasana hati dan membuat kualitas tidur jadi lebih baik.

Manfaat jalan kaki 45 menit untuk diet akan menjadi lebih maksimal jika dibarengi dengan pola makan yang seimbang serta pengelolaan stres yang baik.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.