Keunggulan Buah Bit yang Baik untuk Kesehatan

0
25
Buah bit ( foto: alodokter )

TNews, KESEHATAN – Buah bit mungkin lebih terkenal sebagai pewarna alami makanan.

Namun, buah dengan warna merah menyala ini juga bisa dikonsumsi mentah seperti buah pada umumnya.

Selain teksturnya yang lembut, buah bit juga kaya akan nutrisi.

Ahli deit bersertifikat sarah Thomsen Ferreira mengatakan bahwa buah bit juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

“Karena kombinasi senyawa yang ditemukan dalam bit, mereka mampu meningkatkan aliran darah, meningkatkan kesehatan arteri, menurunkan homosistein dan mengurangi kolesterol LDL,” ucapnya.

Bit juga mengandung senyawa yang disebut betalains. Betalains adalah pigmen yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Keunggulan buah bit

Buah bit memiliki berbagai keunggulan seperti berikut:

1. Sifat antiinflamasi

Peradangan dalam tubuh bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, asma, dan obesitas.

Nah, untuk mengurangi peradangan tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antiinflamasi seperti buah bit.

Bit memiliki kandungan senyawa betalain yang juga versifat antinflamasi. Anda bisa mencoba mengolah buah bit menjadi jus segar untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Riset 2014 menunjukan bahwa jus bit mengurangi peradangan di seluruh tubuh Anda. Bahkan, ekstrak buah bit juga membantu meredakan nyeri sendi akibat osteoartritis.

2. Tinggi serat

Mengonsumsi bit adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan serat Anda. Satu cangkir bit saja sudah mengandung 3,8 gram serat.

Serat dapat membantu Anda mengontrol kadar gula darah, menjaga berat badan yang sehat, menurunkan kolesterol dan tetap teratur.

Pola makan dengan serat seimbang juga membantu mengurangi risiko Anda untuk kondisi seperti kanker usus besar, penyakit jantung dan penyakit radang usus (IBS).

3. Tinggi nitrat

Thomsen Ferreira mengatakan bahwa buah bit mengandung nitrat yang membantu membuka pembuluh darah.

“Itu dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah serta meningkatkan kinerja atletik dan fungsi otak,” ucapnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus bit sebelum berolahraga akan meningkatkan daya tahan kardiorespirasi Anda, sehingfa memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

Sebab, nitrat yang ditemukan dalam bit akan diubah menjadi asam nitrat dalam tubuh Anda, yang pada gilirannya meningkatkan aliran darah.

Hal ini juga meningkatkan fungsi paru-paru dan juga memperkuat kontraksi otot. 4. Kaya potasium.

4. Kaya potasium

Buah bit juga sumber potasium yang baik. Potasium membantu pembuluh darah agar lebih fleksibel sehingga tekanan darah menurun.

Hal ini juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kardovaskular.

Sumber: kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.