Keuntungan Melahirkan saat Pandemi Corona

0
931

TNews, SEHAT – Melahirkan adalah momen yang membahagiakan bagi setiap calon ibu. Tapi, tak bisa dipungkiri juga saat menjalani kehamilan dan persiapan melahirkan ketika pandemi virus corona ini.

Sebab, memang dapat menambah kecemasan sang ibu. Pasalnya persiapan yang dilakukan, tampaknya harus lebih matang dan ada lebih banyak prosedur yang harus dijalankan.

Namun, sebenarnya ada hal positif yang Anda dapatkan setelah melahirkan di tengah pandemi seperti ini lho, Moms. Si kecil yang baru lahir juga merasakan keuntungannya. Apa saja? Berikut kumparanMOM merangkumnya untuk Anda:

  1. Kesempatan besar menyusui eksklusif

Bagi Anda yang bekerja, biasanya hanya mendapat cuti melahirkan selama 3 bulan, lalu kembali bekerja di kantor setelahnya. Namun, tak sedikit para ibu yang mengalami kesulitan untuk mempersiapkan ASI perah ketika di kantor.

Lantas di tengah pandemi seperti ini dengan kebijakan pemerintah untuk bekerja dari rumah, maka membuat Anda bisa lebih lama bersama si kecil. Dalam artian, maka kemungkinan besar pula bagi Anda untuk dapat menyusui langsung secara eksklusif.

  1. Bisa menyusui langsung

 Dikarenakan Anda bekerja dari rumah, si kecil pun bisa menyusui langsung dengan Anda. Moms, menurut American Journal of Clinical Nutrition, ibu yang menyusui bayinya secara langsung memiliki keseimbangan hormon lebih baik, lho.

Sebab, pada saat menyusui secara langsung, isapan mulut bayi lebih bisa merangsang hormon-hormon yang dapat membuat produksi ASI dibanding bila dipompa dengan alat. Kedekatan emosional antara Anda dan si kecil juga akan lebih intens dibandingkan si kecil yang diberi ASI perah.

Sedangkan buat si kecil, ia juga akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu rasa nyaman dan kenyang. Bahkan tingkat kecerdasan si kecil nantinya juga dikatakan lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

  1. Bisa makan lebih sehat

Bila Anda bekerja di kantor, mungkin yang akan dilakukan saat jam makan siang atau sarapan adalah cenderung membeli makanan di luar, ketimbang membawa bekal dari rumah. Nah, dalam kondisi pandemi yang mengharuskan Anda bekerja dari rumah, Anda pun bisa mengkonsumsi makanan rumah yang tentunya kebersihan dan kesehatannya lebih terjamin.

Kebersihan dan kesehatan makanan yang Anda konsumsi ini tentu berpengaruh pada kualitas dan kuantitas produksi Anda pula, Moms.

  1. Praktis & hemat

Kondisi yang mengharuskan Anda bekerja dari rumah ini juga membuat Anda menjadi praktis dan lebih hemat! Ya, kemungkinan besar Anda jadi tidak perlu membeli alat pompa, banyak kantong atau botol ASI, ice pack, bahkan menyewa atau membeli freezer, karena Anda tidak perlu menyetok ASIP yang sangat banyak.

Sementara itu, dana transportasi yang tadinya untuk pulang-pergi dari rumah ke kantor pun bisa dialokasikan untuk yang lainnya.

  1. Bayi tidak gampang sakit

Pandemi virus corona mengharuskan masyarakat untuk berada di rumah. Hal ini tentu berdampak baik untuk kesehatan si kecil, Moms. Mengapa? Pertama, Anda tidak bisa membawa si kecil ke manapun yang mana si kecil akan bertemu dengan banyak orang.

Kedua, keluarga atau kerabat dekat juga bisa tidak bisa bertemu untuk menengok si kecil yang mungkin akan mendekati, memegang, atau bahkan menciumnya. Pasalnya hal ini yang biasanya kerap terjadi penularan beberapa penyakit, seperti flu atau batuk.

  1. Ada suami yang siap bergantian menjaga

Bila biasanya Anda yang sedang cuti melahirkan lebih banyak mengurus si kecil karena suami harus bekerja di kantor dari pagi hingga malam, maka kondisi pandemi ini pun akan membuat Anda terbantukan oleh suami yang juga lagi bekerja dari rumah.

Misalnya saat suami sedang istirahat bekerja, maka dia bisa membantu Anda menjaga si kecil. Anda dan suami pun semakin kompak dalam mengasuh si kecil, Moms!

 

Sumber: Kumparan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.