Kopi Aman Dikonsumsi Sebelum Olahraga? Simak Penjelasan Ini

  • Whatsapp
ilustrasi

TNews, SEHAT – Untuk menambah energi sebelum berolahraga, banyak orang yang minum kopi. Apakah minum kopi sebelum olahraga aman buat kesehatan. Berikut penjelasan ahli.

Diketahui kopi merupakan salah satu minuman yang menyehatkan kalau dikonsumsi dengan cara yang tepat. Minuman ini mengandung kafein dan zat antioksidan yang tinggi sehingga dapat memberikan beragam manfaat untuk tubuh.

Bacaan Lainnya

Banyak orang mengonsumsi kopi di pagi hari saat sarapan untuk menambah energi. Apakah akan sama manfaatnya saat mengonsumsi kopi sebelum olahraga di pagi hari? Atau malah membawa dampak buruk bagi kesehatan?

Dilansir dari Health Line (), kopi memiliki kandungan kafein, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya. Terlebih lagi rasanya enak dan harganya juga cukup terjangkau. Hal ini membuat kopi digemari oleh banyak orang.

Sebenarnya saat berolahraga, tubuh kita tidak memerlukan kafein. Namun, banyak orang mengonsumsi kafein sebelum berolahraga agar mereka mendapatkan energi tambahan.

Faktanya dalam sebuah penelitian menemukan kalau kandungan kafein yang telah diteliti secara luas sebagai asam ergogenik yang efektif untuk menambahkan energi saat olahraga yang menggunakan kekuatan maupun kardio. Bisa juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan otot, performa lari, hingga meningkatkan fokus pada seseorang.

Artinya, kopi aman dikonsumsi sebelum melakukan olahraga. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya? Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kopi bisa diminum sekitar 45-60 menit sebelum berolahraga. Agar kafein yang terdapat pada kopi dapat diserap ke dalam aliran darah, sehingga memaksimalkan efektivitasnya.

Asupan kopi yang tepat dikonsumsi sebelum berolahraga adalah dalam dosis 0,9-2,7 mg. Setara dengan 135-405 mg kafein untuk orang dengan berat badan 68 kilogram.

Karena rata-rata secangkir kopi mengandung sekitar 100 mg kafein, minum 1-2 cangkir (240-475 mL) 45-60 menit sebelum berolahraga akan dengan mudah memberimu cukup kafein. Jangan terlalu banyak asupannya, agar tidak mengalami masalah kesehatan.

Banyak juga yang menyebutkan kalau mengonsumsi kopi sekitar 30 menit sebelum berolahraga, dapat membantu menurunkan lemak lebih cepat. Sehingga berat badan akan cepat turun dan proses diet berhasil.

 

 

Sumber : detik.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.