Makanan Diet Khas Asia Ini Enak dan Tak Menyiksa

0
339
ilustrasi

TNews, SEHAT – Banyak menu makanan sehat dengan rasa enak yang bisa dijadikan menu diet tanpa harus tersiksa. Karena rasanya enak dan berbumbu.

Menjalani program diet, atau menjaga pola makan sebenarnya masih bisa tetap makan enak. Terutama jika pemilihan bahan makanan dan menu yang dipilih masih sehat dan sesuai dengan asupan yang dibutuhkan tubuh.

Tak selalu harus makan salad, oatmeal hingga sayuran kukus. Banyak menu makanan khas Asia, yang meski menggunakan bumbu dan pelengkap lainnya tapi sehat dan rasanya juga enak. Bikin orang yang sedang diet tak malas makan.

Salah satunya seperti tumis bokchoy yang jadi menu santapan wajib bagi orang China. Sampai hidangan Pho noodle khas Vietnam, yang terkenal dengan banyaknya kandungan protein serta sayuran segar yang melimpah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima makanan sehat khas Asia yang sehat dan cocok bagi yang sedang diet.

  1. Kimchi

Jadi makanan ikonik yang paling populer di Korea bahkan di seluruh dunia. Kimchi merupakan hidangan pelengkap yang digemari hampir semua orang di Korea. Menu yang satu ini cukup sederhana, sayuran seperti sawi putih difermentasi dengan bumbu pedas.

Banyak juga yang menambahkan lobak sampai buah pir. Warna merahnya berasal campuran bumbu perpaduan dari bubuk cabe merah, bawang putih, jahe dan kecap ikan. Rasanya asam segar, dan sedikit pedas cocok untuk disantap dengan menu apapun.

Karena dibuat dari bahan-bahan yang sehat, menu sayuran fermentasi ini juga banyak digunakan orang yang sedang menjaga pola makan. Selain itu kandungan kalorinya terbilang rendah, dalam 100 gram kimchi hanya mengandung 18 kalori saja.

  1. Tumis Bokchoy

Populer jadi menu makanan enak khas China yang digemari banyak orang. Tumis bokchoy dengan jahe dan bawang putih ini cukup sederhana, dan sangat mudah dibuat. Selain itu bokchoy cukup sehat dan cocok untuk jadi alternatif menu diet.

Bokchoy cukup bagus untuk menu menurukan berat badan. Kandungan kalsium, kalium, folat hingga vitamin C nya mampu meningkatkan sistem kekebalan seerta menyehatkan jantung.

Dalam 70 gram bokchoy, kisaran kalorinya sangat rendah sekitar 9 kalori saja. Jika ditumis dengan bawang putih atau jahe, kisaran kalorinya tak lebih dari 15 kalori, rasanya juga tidak hambar.

 

  1. Pho Noodle

Pho merupakan makanan kebanggaan orang Vietnam. Hidangan mie dari beras, disajikan dengan kuah kaldu bening yang dicampur dengan sayuran, rempah serta bumbu dasar yang rendah kalori.

Saat diet, penting untuk tetap mengonsumsi protein agar tubuh tidak gampang lemas dan bertenaga. Pho bisa jadi pilihan yang pas dengan potongan daging sapi rebus tanpa lemak.

Sajian ini kaya akan protein dan rendah lemak, cocok untuk menambah energi serta asupan sayuran sepertitauge hingga daun bawang bisa menjadi tambahan nutrisi. Untuk satu porsi Pho hanya sekitar 162 kalori saja jika menggunakan daging ayam.

  1. Sup Ayam

Makanan universal yang satu ini cukup populer jadi santapan sehari-hari orang Indonesia. Menu sederhana yang enak dan bergizi ini, bisa ditambahkan berbagai sayuran. Mulai dari versi sederhana seperti kol, kentang dan wortel. Sampai yang versi mewah dengan tambahan daging ayam, sosis hingga bakso dan jagung.

Sup yang berisi sayuran ini juga cocok disantap saat sarapan. Makanan rumahan yang satu ini termasuk ke dalam makanan sehat rendah kalori. Kuah bening dari sup yang minim bumbu, membuatnya lebih rendah kalori.

Dalam satu mangkuk sup sayur bening, hanya terdapat sekitar 123 kalori. Lengkap dengan karbohidrat 24,3. Jika ditambah dengan sayuran seperti wortel atau buncis, kisaran kalorinya tak lebih dari 250.

Kuah sup juga berfungsi membuat tubuh merasa lebih kenyang. Hindari sarapan sup dengan krim yang kental. Pilih kuah sup bening, yang bisa ditambah dengan kaldu ayam atau sapi sesuai selera.

 

  1. Nasi Ayam Hainan

Populer di Singapura, Malaysia hingga China. Nasi dengan ayam rebus yang kaya kaldu dan aromatik ini cocok bagi orang diet yang sedang kangen nasi, tapi tidak ingin santapan nasi yang kalorinya tinggi. Menu yang satu ini bisa jadi inspirasi sarapan sehat rendah kalori.

Dalam satu porsi ayam Hainan potongan dada yang direbus (100 gram). Terdapat sekitar 206 kkal. Kalau mau pakai kuah kaldu rebusan ayamnya juga bisa. Tapi bagi kamu yang sedang diet ketat, sebaiknya hindari menyantap ayam rebus ini dengan nasi aromanya.

Karena di dalam satu porsi nasi ayam Hainan, lengkap dengan sausnya hitungan kalorinya mencapai sekitar 600 kkal. Bisa ganti nasi dengan sayuran rendah kalori seperti selada atau mentimun, agar perut terasa lebih kenyang.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.