Makanan Ini Bagus untuk Kesehatan Miss V

0
94
ilustrasi

TNews, SEHAT – Merawat kesehatan vagina merupakan keharusan bagi setiap wanita. Selain rutin membersihkan vagina, mengonsumsi beberapa makanan ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan vagina.

Vagina yang sehat dicirikan dengan tidak memiliki aroma menyengat, menghasilkan cairan berwarna putih atau bening, tidak terasa gatal, tidak ada luka, serta terasa hangat dan lembab saat diraba.

berikut 10 macam makanan yang mampu meningkatkan kesehatan vagina.

  1. Cranberry

Wanita yang mengonsumsi pil jus cranberry yang setara dengan dua porsi jus cranberry selama enam minggu setelah operasi ginekologi, dapat mengurangi tingkat kejadian Infeksi Saluran Kemih (ISK) hingga setengahnya.

Hal ini karena cranberry mengandung fruktosa dan proanthocyanidins (PAC) tipe A yang dapat membantu mencegah ISK. Namun, jika Anda ingin minum jus cranberry, perhatikan asupan gula karena dapat meningkatkan kadar PH vagina dan membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi jamur.

  1. Ubi jalar

Biasanya, makanan manis tidak mengandung nutrisi, tetapi beda halnya dengan ubi jalar. Jenis umbi-umbian satu ini kaya akan vitamin A yang membantu memperkuat jaringan untuk dinding vagina yang kuat dan sehat.

  1. Bayam

Bayam kaya akan magnesium dan mineral yang dapat membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan aliran darah.

Peningkatan aliran darah yang mendorong darah ke ekstremitas seperti viagra dapat meningkatkan gairah dan membuat seks lebih menyenangkan. Dengan begitu, wanita akan merasa lebih mudah untuk mengalami orgasme.

  1. Brokoli

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Harvard pada 2007 menemukan bahwa wanita yang makan makanan kaya kaempferol flavonoid seperti brokoli akan mengalami penurunan risiko kanker ovarium hingga 40%.

  1. Makanan tinggi vitamin C

Makanan yang tinggi vitamin C seperti stroberi, paprika, dan buah jeruk penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melawan infeksi. Dalam sebuah penelitian pada 2013, wanita yang mengonsumsi tablet vitamin C setelah dirawat karena vaginosis bakterial, dapat mengurangi risiko terkena infeksi lagi.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah mengandung sumber vitamin E yang tinggi. Hal ini baik untuk wanita agar dinding dan otot vagina lebih kuat. Otot yang lebih kuat sangat penting agar ketika melahirkan bayi lebih mudah.

Perlu diketahui, vitamin E juga bermanfaat untuk mengatasi kekeringan dengan menghidrasi lendir vagina agar lebih basah. Hal ini yang sangat bagus untuk memudahkan penetrasi saat seks.

  1. Jeruk, jeruk bali, dan lemon

Ketiga buah sitrus tersebut tidak hanya dikemas dengan Vitamin C, yang mana kita tahu baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi penelitian dari University of East Anglia menemukan hubungan antara flavonoid yang ditemukan dalam buah jeruk dan penurunan risiko ovarium.

  1. Teh hitam

Studi yang sama seperti di atas menemukan bahwa wanita yang minum teh hitam setiap hari memiliki 31% penurunan risiko kanker ovarium karena teh hitam mengandung flavonoid yang tinggi.

  1. Yoghurt

Secara umum, pH vagina bersifat asam yaitu di antara 3,5 hingga 4,5. Jika terjadi perubahan pH vagina akan menyebabkan infeksi jamur mudah terjadi dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Yogurt merupakan salah satu sumber probiotik karena mengandung bakteri seperti Lactobacillus acidophilus yang dapat menjaga pH vagina dan menurunkan risiko terjadinya infeksi.

  1. Tiram

Tiram kaya akan kandungan zinc atau seng, dan wanita yang memiliki tingkat seng yang lebih tinggi dalam sistem mereka terbukti memiliki dorongan seks yang lebih tinggi pula. Selain itu, zinc atau seng juga dapat membantu dalam kekeringan pada vagina, mengatur siklus menstruasi, dan melawan infeksi.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.